2013-04-04_13:26:38-rencana kerja

Rencana Kerja

Ada kutipan dalam ilmu manajemen yang sering teringat dalam saya bekerja “Fail to plan is plan to fail”, kalau kita gagal atau tidak menyusun rencana dalam hidup atau bekerja, kita merencanakan kegagalan. Kegagalan sesuatu yang wajar terjadi dalam kita bekerja, namun kita mempunyai pilihan untuk berhasil mengatasi kegagalan, yaitu dengan menyusun rencana.

Apakah yang membuat kegagalan sebuah bisnis, karena kita tidak memiliki rencana? Tujuan yang tidak jelas, tidak adanya target, produk yang tidak menjual, kekurangan tenaga kerja semua bisa terjadi karena tidak memiliki rencana.

Rencana itu adalah kewajiban yang harus disusun oleh seseorang ditingkat apapun kita, mulai dari masyarakat biasa sampai pemimpin sebuah negara, mulai dari staf sampai seorang kepala unit kerja, wajib memiliki rencana.

Visi yang besar dari seorang pemimpin akn menjadi kosong dan hanya sebuah mimpi bila tidak sanggup dituangkan dalam rencana, tidak ada langkah-langkah nyata yang bisa dipegang untuk dijalankan, tidak ada kedisiplinan yang harus ditegakan bila kita tidak memiliki rencana.

Rencana tidak melulu harus setahun ke atas , rencana yang panjang , bahkan harus dituangkan dalam rencana harian yang dimulai setiap hari saat kita duduk dibangku kerja kita, waktu demi waktu yang sudah harus kita tata dengan target yang spesifik, dapat terukur, dapat tercapai, juga beralasan dan memiliki batasan waktu yang jelas.

Kecerdasan dalam menyusun rencana sangat diperlukan, bila kita tidak menggunakan pemikiran yang matang, dan mendalam dalam menyusun rencana maka berakibat hancurnya sebuah perjalanan, kalau kita berencana ke pasar namun akhirnya pergi ke rumah sakit sebuah kegagalanlah yang kita jumpai.

Milikilah rencana pada hari ini, itulah yang membedakan manusia dengan mahluk lainnya, binatang, pohon, bahkan alam semesta tidak memiliki rencana , namun kita mempunyai kemampuan untuk memiliki rencana ke arah mana perjalanan kerja kita hari ini. Sekali lagi “Fail to plan is plan to fail“

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*