Terdepan Dalam Manajemen Pengetahuan

Dalam era informasi dan keterbukaan saat ini pentingnya suatu data, dari organisasi yang skala kecil dan besar sangat membutuhkan data. Permasalahan yang terjadi dalam hal data terkait dengan media, kapasitas dan file yang tidak tersusun dengan rapi. Umumnya terjadi disemua organisasi dalam melakukan prosesnya setiap hari.

Menyimpan file-file dengan baik, rapih, terstruktur meskipun hal kecil dan sederhana adalah kekuatan sebuah organisasi, mulai dari skala negara sampai ke skala RT – RW, dari skala Korporasi raksasa sampai pengusaha ekonomi lemah, mulai dari Universitas besar sampai ke sekolah taman kanak-kanak, dari organisasi atau individu, dan segala lapisan, golongan, kepentingan, membutuhkan sebuah penyimpanan file yang baik, rapih dan terstruktur atau saat ini dikenal dengan knowledge management

Ilustrasi bagaimana hal ini penting adalah seperti pengalaman rekan saya sendiri. Dia adalah konsultan sangat pakar dalam bidangnya, memiliki banyak klien yang besar, melakukan sendiri praktek keahliannya langsung, jadi semua adalah hal yang praktis dan bukan teori. Berbagai jenis industri kami pernah mengambilnya sebagai klien, waktu kami memenangkannya dia belum berkembang dengan jenis konsultasi lainnya, dan semua energi terkonsentrasi bersama-sama ke jenis pekerjaan yang sama.

Ketika dia menjadi berkembang, yang belum kuat diimprove adalah knowledge management, karena banyaknya konsultan yang mengerjakan dan project yang ditangani, file, buku, film, tersebar di berbagai tempat, sehingga sering dia tidak menyadari kekayaan pengetahuan yang dimiliki. Ketika dalam sebuah presentasi tender dia maju, pesaing jauh lebih baik dari dia.

Ketika saya melihat dimana kelemahannya, adalah dia tidak memiliki ‘proposal template’ yang di perbaiki hari ke hari sesuai dengan perkembangan management, dia baru membuatnya sama persis dengan ketika masih baru berkembang, menyusun kembali , mengejarnya hingga tengah malam dan mungkin melakukan hal yang sama juga dengan proses diawal dia sebagai konsultan, hal ini tentu menjadi sulit sebab energi konsultansi sudah tersebar ke berbagai jenis klien dan tawaran dari unit-unit lain.

Saya merasakan pentingnya kita dengan detail melakukan pencatatan dari semua proses yang kita jalani dalam apapun aktivitas dan bisnis kita, menyimpannya dengan rapih,membuatnya terstruktur mudah saat kita memerlukannya, ini adalah knowledge management.

Unilever adalah contoh bagaimana dia menjadi pemenang Knowledge Management Competition yang diadakan Dunamis setiap tahunnya, kelebihannya adalah Unilever mempunyai kesanggupan untuk menata proses Knowlede Management yang membuatnya menjadi perusahaan yang tetap eksis sampai hari ini.

Carrefour, motonya sangat jelas, retail is detail, persaingan di retail yang demikian ketat, membuat Carrefour sangat ketat dalam pendataan seluruh proses bisnisnya, dan dia memiliki kekayaan strategi, pengalaman, ada di seluruh dunia.

Kampus seperti Bina Nusantara, Apple, bahkan sampai peneliti di pedalaman Papua menjadi unggul karena knowledge Management yang kuat. Knowledge Management berarti “A process that helps organizations find, select, disseminate, and transfer important information and expertise necessary for activities such as problem solving, dynamic learning, strategic planning and decision making”

(ea/Fh/bd)

2 comments

  1. Greetings, awesome website you possess right now.
    [url=http://www.ladartleague.com/tottenham-hotspurs-barn.no]tottenham drakt[/url]

  2. JoeElphin Italien Wileysrpx
    OrenSchwe USA Annabelle
    LeonardHx Schweiz Francesca
    CPHLinnie Island GennieRad
    GiuseppeB Belgien ThaoMarks
    RoxieLank USA JulianaRi
    BrendanCa Ryssland LoreneDro
    KieranHar Wales LeandroLa
    EleanoreT Osterrike TiffinyBl
    AbrahamMo USA JeffreyEl
    AlannahDa AC Milan RoderickE
    HollisKwk Roma ClairevcW
    DelorisLo Slovakien MohamedWi
    Ricoekzd West Ham United ScotMenzi
    OdessaDor Manchester United JuliePelz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*