Pembangunan Fasilitas Pelabuhan Laut Pulau Subi – Kab Natuna

Pulau Natuna yang selama ini kita kenal dengan kekayaan minyak buminya merupakan daerah yang memiliki potensi sumber daya kelautan yang besar. Kepulauan Natuna yang berada paling utara di selat Karimata, terdiri dari gugusan pulau. Kabupaten Natuna merupakan salah satu kabupaten di provinsi Kepulauan Riau.

Kepulauan Natuna memiliki potensi sumber daya alam yang belum dikelola secara maksimal seperti potensi perikanan lautnya. Menurut data dari BPS hanya sekitar 1 juta ton perikanan laut per tahun yang dikelola oleh kabupaten Natuna. Angka tersebut sangat kecil dibandingkan dengan luas kabupaten sebagian besar yang merupakan laut.

Potensi kelautan inilah yang saat ini sedang dikembangkan oleh kabupaten Natuna. Ekspor ikan dari kepulauan ini menjadi suatu hal yang penting untuk meningkatkan perekonomian rakyat disana disamping perkebunan kelapa dan sebagainya.

Untuk mendukung sarana dan prasarana perikanan laut ini di kabupaten ini, pemerintah daerah Natuna bersama Kementerian Perhubungan sedang melakukan pembangunan fasilitas pelabuhan di Pulau Subi. Pulau Subi sendiri adalah pulau terluar di kepulauan Natuna mempunyai luas sebesar 200 km2.

map

Gambar Peta Natuna

Sebagai salah satu pulau terluar Ditjen Perhubungan Laut merencanakan pembangunan fasilitas pelabuhan laut pada tahun anggaran 2013. Saat ini Ditjen Perhubungan Laut melakukan tahapan pelelangan sampai batas penawaran akhir tanggal 16 Juli 2013 oleh LPSE Kementerian Perhubungan. Nilai pagu untuk proyek pembangunan fasilitas pelabuhan luat ini sebesar Rp 19.605.475.000,00

Kategori : Pekerjaan Kontruksi

Kualifikasi : Perusahaan Non Kecil

Sumber Dana : APBN 2013

Dengan dilakukan pembangunan fasilitas dari pelabuhan laut pulau Subi ini maka diharapankan ekonomi masyarakat disana terbantu dan dapat meningkatkan produksi perikanan laut di kabupaten Natuna.

Artikel ini merupakan kerjasama beritadaerah.com dengan Lembaga Pengembangan Bisnis dan Investasi Daerah (LEPMIDA), Contact Person : Deputy Director LEPMIDA : Andreas Tarigan – 081281813781.

(fh/EA/bd)

3 comments

  1. Very efficiently written article. It will be useful to anyone who utilizes it, including me. Keep up the good work – for sure i will check out more posts.

  2. I will immediately seize your rss feed as I can’t to find your email subscription link or newsletter service. Do you have any? Please permit me recognize in order that I may subscribe. Thanks.

  3. Immediately after study a couple of of the weblog posts on your internet site now, and I genuinely like your way of blogging. I bookmarked it to my bookmark site list and is going to be checking back soon. Pls take a look at my web site also and let me know what you think.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*