gedung BKPM

Investasi – Engine of Growth

Pada era pemerintahan Presiden SBY menyatakan bahwa Investasi adalah engine growth perekonomian Indonesia di masa mendatang, Investasi menjadi mesin pertumbuhan ekonomi Indonesia. Kebutuhan Investasi telah dihitung untuk menjaga pertumbuhan ekonomi yang diharapkan yaitu sebesar Rp.12.460 triliun dengan kontribusi pemerintah hanya Rp. 1.816,7 trilliun (14,6 persen), selebihnya begantung kekuatan investor swasta mencapai Rp. 10.643,3 triliun (85,4 persen).

Menurut data BKPM hingga semester I 2012, total investasi sudah mencapai Rp148,1 triliun, atau mencapai 52,2 persen dari target BKPM sebesar Rp283,5 triliun, salah satu indikasi investasi masih terus menguat adalah masih tingginya angka impor barang modal yang tercemin dari rasio Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB), masih tingginya impor barang modal sejalan dengan rencana atau komitmen dari sejumlah investor asing yang akan masuk dalam negeri.

Menurut data BKPM investor asing akan masuk di hampir semua sektor, terutama yang bergerak pada bidang industri garam, ban, otomitif, pertambangan, dan energi.

Serapan yang besar masih ada di Jawa dengan di luar Jawa perlahan namun masih meningkat.

BKPM sudah direstui presiden untuk menjalin kerjasama dengan mitra di negara lain, terutama industri informasi dan teknologi. Keuntungan yang bisa diraih adalah terciptanya country branding yang bagus.

Namun investasi yang akan masuk memerlukan “karpet merah” yang perlu dipersiapkan secepatnya, “karpet merah” itu adalah penyediaan lahan, kemudahan perizinan, fasilitas fiskal, penyediaan sumber daya manusia yang besar, infrastruktur dasar yang tingkat urgency nya adalah sekarang.

Menurut Canadian research organization Fraser Institute, Indonesia menduduki nomor 14 dari 15 negara di Asia Pacifc untuk iklim investasi di oil and gas, Indonesia hanya lebih baik dari Timor Leste. Karena itu masyarakat, para pelaku bisnis ,membutuhkan bantuan dari pemerintah untuk juga memiliki sikap yang ramah Investasi sehingga memberikan rasa aman pada Investor.

(ea/Fh/bd)

(Pic: ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*