Pesona Danau Toba Nan Elok

(Berita Daerah – Sumatera) Danau Toba adalah sebuah danau vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Danau ini merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir. Danau Toba sejak lama menjadi daerah tujuan wisata penting di Sumatera Utara selain Bukit Lawang, Berastagi dan Nias, menarik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Danau Toba di Sumatera Utara memang menyimpan pesona yang luar biasa. Danau yang terletak di Sumatera Utara ini memang terkenal dengan keindahannya. Posisinya yang dikelilingi oleh Pegunungan Bukit Barisan dan alamnya yang memukau memang mengundang decak kagum para turis lokal dan mancanegara.

Apabila Anda berencana akan berkunjung ke Danau Toba, jangan heran dengan apa yang akan Anda lihat. Karena Anda akan mendapati danau ini lebih mirip dengan lautan daripada danau. Suasananya juga adem dan menyegarkan, bahkan didukung dengan pemandangan yang indah dan mempesona.

Jika Anda berkunjung ke Danau Toba, Anda bisa merasakan suasana yang berbeda karena tempat tersebut memperlihatkan suasana alami yang nyata dan mempesona. Selain itu, Anda juga dapat menikmati fasilitas seperti jet ski dan perahu dengan harga yang terjangkau.

toba1

Untuk dapat sampai ke tempat ini Anda dapat menggunakan mobil sewaan dari kota Medan, tiba di Parapat dalam waktu kurang lebih 4 jam. Parapat terletak sekitar 185 kilometer jauhnya dari ibu kota Sumatra Utara. Anda juga dapat menggunakan bus atau mengikuti tur untuk mengunjungi danau ini.

Pesona lainnya yang dimiliki oleh Danau Toba adalah keadaan airnya yang relatif tenang sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir jika bermain jetski maupun naik perahu di danau tersebut. Jika Anda adalah orang yang perduli dengan masalah risk (resiko) bermain olahraga air, Danau Toba merupakan tempat yang memiliki risk yang relatif kecil untuk aktivitas olahraga air karena Anda tidak perlu khawatir akan adanya pusaran air maupun bahaya-bahaya lainnya yang sering dihadapi oleh orang yang senang melakukan aktivitas olahraga air. Bagi Anda juga yang senang berenang bersama keluarga, Anda juga bisa melakukannya di tepi danau sambil menyaksikan keindahan alamnya.

Pearl of Lake Toba

Pearl of Lake Toba

Taman Simalem yang diberi julukan “Pearl of Lake Toba” merupakan sebuah objek wisata termegah di Sumatera Utara. Letaknya di Bukit Merek , Sidikalang, Sumatera Utara.

Taman Simalem yang kurang lebih memiliki luas sebesar 206 ha, berada pada ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut. Taman ini memiliki pemandangan yang indah dan sangat mempesona dengan menghadirkan Danau Toba (danau terbesar se-Asia Tenggara). Merupakan sebuah sensasi yang indah menikmati pemandangan Danau Toba. Selain itu, di kawasan ini ditanam aneka pohon buah-buahan seperti jeruk, markisa, terong, dan lain-lain yang memang dibuat untuk memanjakan pengunjung taman Simalem.

Soal tempat penginapan, Anda juga tidak perlu merasa khawatir, sebab penginapan dan hotel tersedia di Parapat. Beberapa hotel malah menyediakan fasilitas seperti kolam renang dan jacuzzi untuk memanjakan tamu-tamunya. Kalau soal makan jangan kuatir, sebab restoran juga sudah banyak tersedia disana.

toba2

Jika Anda ingin menikmati pemandangan alam, bersantai dengan keluarga, dan melakukan aktivitas olahraga air dengan ceria, datanglah ke Danau Toba di Parapat, Sumatera Utara. Liburan Anda akan menjadi hal yang tidak terlupakan seumur hidup Anda. Dan jika Anda menyukai suasana tenang dan damai serta udara yang sejuk, maka wisata ke Danau Toba merupakana sebuah pilihan yang terbaik.

(Debbie/DB-bd)

Pic : Wikipedia, Backpacker Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*