Peluang Menjanjikan Bisnis Alat Berat di Kotawaringin Timur

(Berita Daerah – Kalimantan) Meningkatnya investasi di Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, membuat kebutuhan alat berat di daerah ini juga meningkat sehingga membuka peluang besar bagi bisnis penjualan dan penyewaan alat berat.

“Peluang bisnis alat berat di daerah ini menjanjikan dan perkembangannya juga bagus, banyaknya perusahaan pertambangan, perkebunan, kehutanan dan konstruksi menjadi peluang menguntungkan,” kata Kepala PT United Tractors Tbk Cabang Sampit, Warsito di Sampit, Kamis.

United Tractors Kamis, meresmikan kantor cabang mereka di Jalan Jenderal Sudirman km 7,2 Sampit. Kantor yang sebelumnya berstatus sebagai perwakilan ini merupakan kantor cabang ke-41 yang dimiliki United Tractors.

Hadir dalam peresmian tersebut, Presiden Direktur PT United Tractors, Djoko Pranoto, Direktur PT United Tractors Iman Nurwahyu, Komandan Kodim 1015 Sampit, Letkol Inf Harnoto, Staf Ahli Bupati, Sutaman dan pengusaha dari berbagai bidang.

Warsito menjelaskan, perkembangan usaha mereka yang bergerak di bidang alat berat di Sampit, cukup menggembirakan. Sejak didirikan 1995 lalu, perkembangannya sangat bagus, baik dari sisi pengembangan usaha maupun finansial.

“Dari sisi finansial dari tahun ke tahun juga mengalami kenaikan lebih dari 20 persen growth, sehingga dengan kondisi itu menjadi pertimbangan menjadikan kantor di Sampit menjadi cabang,” jelas Warsito.

Sebelum 2011, hampir 85 persen pangsa pasar United Tractors Sampit adalah sektor perkebunan. Namun mulai akhir 2012, perusahaan ini kini mulai mengambil peluang di sektor pertambangan dan hutan tanaman industri.

“Kami mulai main di pertambangan seperti bauksit di Parenggean dan bijih besi di Sebabi. Jadi pertambangan menjadi sumber penggerak kedua kami. Kami juga menggarap sektor penggerak ketiga yaitu HTI (hutan tanaman industri) di Pangkalan Bun. Ini sudah tahun ketiga, perkembangannya cukup signifikan,” sambung Warsito.

Disinggung soal persaingan pasar, Warsito dengan yakin mengatakan bahwa United Tractors masih mendominasi. Dari total pasar yang ada, perusahaan ini masih menguasai di atas 55 persen pangsa pasar.

Sementara itu Djoko Pranoto menjelaskan, keputusan pihaknya menjadikan perwakilan di Sampit menjadi kantor cabang, merupakan bentuk komitmen untuk memberi pelayanan yang lebih meningkat dan memuaskan kepada pelanggan.

“Kami ingin memberikan pelayanan yang lebih memuaskan kepada pelanggan-pelanggan kami di Sampit dan sekitarnya. Selain melakukan pengembangan nusaha, United Tractors ingin menjadi aset yang berguna bagi bangsa,” pungkas Djoko Pranoto.

(et/EA/bd-ant)

Pic: ant

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*