Sawit Menjelma Menjadi Komoditi yang Menjanjikan

(Berita Daerah – Nasional) Komoditi yang sangat menjanjikan pada masa sekarang  dan masa yang akan datang serta memiliki nilai tambah yang sangat baik, salah satunya adalah kelapa sawit. Kelapa sawit atau disebut elaeis merupakan tumbuhan industri yang sangat penting pada masa sekarang, memang tidak terlalu dikenal seperti cengkeh  (bahan untuk membuat rokok) atau coklat (bahan untuk membuat makanan dari coklat) pada masanya, tapi sekarang kelapa sawit berubah menjadi komoditi yang sangat prospekif dan menguntungkan.

Bagaimana tidak menguntungkan dari kelapa sawit yang diolah menghasil minyak masak, minyak Industri, maupun bahan bakar (bio diesel). Karena begitu bagusnya prospek kelapa sawit tidak sedikit kita melihat banyak hutan dan perkebunan lama yang di alih tanamkan dengan kelapa sawit.

Pertumbuhan kelapa sawit di Indoensia sangat begitu pesat, dan Indonesia sudah berubah menjadi penghasil minyak kelapa sawit terbesar di dunia. Penyebaran tanaman industri ini sudah menyebar mulai dari Aceh, pantai Timur Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi dan sekarang banyak yang sudah menanam di Pulau Papua.

Kalau kita melihat dalam satu buah pohon sawit  saja, maka kita lihat Pohon sawit dapat  menghasilkan banyak manfaat dan memiliki nilai yang tinggi. Untuk buah sawit saja memiliki berbagai manfaat seperti:

a. Buah sawit, menghasilkan minyak kelapa sawit mentah dan dapat di proses menjadi minyak goreng dan manfaat buah untuk bahan baku minyak alkohol dan industri kosmetik. Minyak sawit memilki sifat yang sangat baik  dan tidak dimiliki oleh tanaman yang lain, seperti tahan oksidasi dengan tekanan tinggi, mampu melarutkan bahan kimia yang tidak larut oleh bahan pelarut lainnya, mempunyai daya melapis yang tinggi dan tidak menimbulkan iritasi pada tubuh dalam bidang kosmetik.

b. Bungkil inti atau disebut dengan ampas,  kalau pada tanaman lain, maka ampas adalah sampah yang dibuang atau tidak bisa digunakan lagi, tapi ini berbeda dengan ampas dari buah sawit yang sangat berguna untuk makanan ternak, sehingga tidak heran kalau kita melihat banyak pengusaha ternak mendirikan usahanya dekat dengan kebun sawit, sehingga untuk masalah makanan ternak dapat diatasi dengan baik.

c. Tempurung sawit atau cangkang, mungkin masyarakat tidak mengetahui akan tempurung sawit atau cangkang, tapi pada masa sekarang ini di Negara-negara seperti Jepang, Korea, China mereka sudah tidak lagi mengunakan arang  yang bersumber dari kayu atau sejenis  untuk memanggang, tapi menggunakan arang yang bersumber dari tempurung sawit atau cangkang sawit, yang dapat memberikan hasil yang lebih baik dalam pembakaran dan memiliki aroma wangi yang khas.

d. Limbah olahan dari buah diproses dengan membuatnya lunak pada bagian daging buah dengan temperatur 90°C.  Setelah  diproses maka akan dipisah antara inti dan cangkang, dan sisa pengolahan buah sawit sangat potensil menjadi campuran makan ternak dan kompos.

Andreas Tarigan/Jurnalis/VM/BD
Editor : Eni Ariyanti
Image : ant

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*