Batik Trusmi Warisan Budaya Bangsa

Dalam progam Ragam Nusantara kali ini menampilkan mengenai kekayaan Indonesia yang telah dikenal sebagai negara penghasil batik dengan kualitas yang tinggi dan dikerjakan secara tradisional melalui tangan-tangan terampil masyarakat lokal.

Tradisi membatik merupakan tradisi turun-temurun yang diturunkan oleh nenek moyang Indonesia sehingga menjadi salah satu warisan budaya bangsa.

Tradisi membatik banyak dikembangkan di Pulau Jawa dan termasuk di daerah Cirebon dengan salah satu andalanya yaitu Batik Trusmi yang berhasil menjadi ikon batik dalam koleksi kain nasional.

Batik Trusmi terlihat sangat kental akan makna simbolis yang berhubungan dengan kosmologi cirebon, artinya batik bukan sekedar ungkapan estetis yang visual, namun di dalamnya terdapat sistem nilai tertentu yang di yakini dan di hidupi masyarakat khususnya keraton cirebon.

Batik Trusmi merupakan batik yang dibuat oleh masyarakat yang berlokasi di Desa Trusmi yang hasilnya diakui berkualitas tinggi. Batik Trusmi ini memiliki motif unggulan yaitu motif Wadasan dan Mega Mendung yang terkenal hingga mancanegara.

Yanti/Jurnalis/VM/BD
Editor : Eni Ariyanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*