Mitigasi Perubahan Iklim Indonesia Berdasarkan Perspektif Clean Development Mechanism

Kebijakan luar negeri adalah cermin dari kondisi di dalam negeri. Politik perubahan iklim Indonesia merupakan cerminan konstelasi politik di dalam negeri. Sebagai negara demokrasi, kebijakan luar negeri Indonesia senantiasa dipengaruhi oleh dinamika persinggungan antara faktor eksternal dan faktor domestik yang bermuara pada rumusan kebijakan luar negeri Indonesia dalam merespon isu perubahan iklim.

Terkait hal tersebut, sebelum Konferensi Stockholm diselenggarakan, masyarakat internasional melakukan kerjasama internasional pertama kali terkait dengan isu-isu yang berhubungan dengan iklim sudah ada dalam Organisasi Meteorologi Internasional (International Meteorological Organization/IMO) pada tahun 1853, yang terbentuk saat Kongres Meteorologi Internasional (International Meteorological Congress) di Brussel. Selanjutnya IMO berubah menjadi WMO pada tahun 1947.

Setelah itu semakin banyak penelitian ilmiah dan karya ilmiah yang diterbitkan secara resmi yang isinya membahas tentang perubahan iklim global. Salah satunya pada tahun 1968 silam, Garret Hardin menulis The Tragedy of Commons yang dipublikasikan dalam Science. Hardin berpendapat bahwa aktivitas manusia sejak zaman pra-industri telah berdampak terhadap atmosfer, dan dapat membawa tragedi bagi manusia.

Hingga akhirnya di awal tahun 1970-an masalah ini masuk ke dalam agenda ekonomi internasional. Tahun 1971 PBB mensponsori pertemuan antara agen pembangunan internasional dan agen pemerintahan bertemu di Founex, Swiss. Pertemuan ini menghasilkan pernyataan yang menghubungkan antara manajemen lingkungan hidup dengan kebijakan pembangunan. Di sini para ilmuwan dan profesional dari negara maju, menyuarakan kepedulian mereka terhadap isu pertanggungjawaban penyebab degradasi lingkungan, memberikan bantuan pembangunan, pendanaan, alih teknologi dan populasi.

Untuk artikel yang lebih lengkap dapat download di link ini Climate Mitigation

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*