Seorang pekerja melakukan pengelasan jalur rel kereta api di Kawasan Stasiun Bangil, Pasuruan, Jatim, Rabu (17/12).

Sumatera Barat Akan Bangun Jalur Kereta Api Padang-Solok

(Berita Daerah – Sumatera) Pembangunan jalur kereta api di wilayah Sumatera menjadi salah satu program pemerintah guna meningkatkan konektivitas antar daerah di wilayah tersebut. Kehadiran jalur kereta api ini dinilai mampu menghidupkan perekonomian masyarakat dan salah satu yang akan dibangun adalah jalur kereta api Padang-Solok.

Kepala Dinas Perhubungan Kominfo Provinsi Sumatera Barat, Amran mengatakan jika jalur kereta api Padang-Solok sepanjang 32 kilometer merupakan salah satu rencana strategis pengembangan kereta api Sumatera periode 2015-2020.

Amran menjelaskan jalur biasa yang dilewati kereta api dari Padang menuju Solok adalah dengan melewati Padang Pariaman, Silaiang dan Padang Panjang dengan jarak sekitar 115 Km dan kehadiran jalur kereta api baru ini nantinya akan memperpendek jarak tempuh. Untuk jalur kereta api yang baru ini akan melewati Kecamatan Pauh, Padang dan menembus perbukitan menuju Solok.

Jalur yang akan digunakan itu juga telah disurvei dan dinyatakan layak untuk dibangun jalur kereta api meskipun keadaan alamnya cukup berat, sehingga di beberapa titik kemungkinan akan dibuat terowongan. Pembangunan jalur kereta api itu sendiri akan dibantu oleh pemerintah pusat melalui APBN.

Selanjutnya Amran mengungkapkan jika pihaknya akan berkoordinasi dengan PT KAI untuk memastikan jalur yang akan dilalui tersebut dan melakukan pendataan untuk mempersiapkan pembebasan lahan. Amran menyatakan jika pihaknya mendapatkan dukungan dari Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan agar segera melakukan langkah-langkah untuk membangun jalur kereta api Padang-Solok.

Jalur kereta api ini nantinya akan tersambung dengan jalur kereta api ke Muaro, Sijunjung untuk diteruskan ke titik trans Sumatera di Timur Sumatera. Jalur ini merupakan salah satu jalur strategis yang menghubungkan Sumatera Barat dengan trans Sumatera. Pembangunan jalur kereta api Padang-Solok juga mendapatkan dukungan dari masyarakat.

Kementerian Perhubungan pada tahun 2015 ini akan memulai mega proyek Trans Sumatera Railway. Proyek pembangunan jalur kereta api sepanjang 1.400 kilometer ini diperkirakan akan selesai dalam kurun waktu 5 tahun diperkirakan membutuhkan dana investasi mencapai Rp30 triliun. Mega proyek ini akan menghubungkan seluruh provinsi di Pulau Sumatera kecuali Kepulauan Riau dan Bangka Belitung.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan berharap dengan adanya Trans Sumatera Railmay ini bisa membantu lalu lintas angkutan barang dan transportasi lintas Sumatera. Sedangkan untuk kendala berupa pembebasan lahannya, Kementerian Perhubungan akan menyerahkannya kepada pemerintah daerah setempat.

Akbar Buwono/Regional Analyst at Vibiz Research/VM/BD
Editor : Eni Ariyanti
image: ant

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>