Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Tingkat Kemiskinan di Provinsi Sumatera Selatan

Dalam Program Kebijakan Publik kali ini Dikko Alrakhman dari MPKP Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia  memaparkan hasil penelitiannya mengenai pengaruh pertumbuhan ekonomi terhadap tingkat kemiskinan di Provinsi Sumatera Selatan.

Sebagai negara yang sejak pertama pembentukannya telah mencanangkan konsep welfare state dalam konstitusi, Indonesia memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar dalam mewujudkan kesejahteraan rakyat yang merata. Upaya mewujudkan kesejahteraan rakyat yang lebih baik dan merata dilakukan Pemerintah dengan menciptakan pembangunan pada berbagai aspek kehidupan bangsa dan negara. Namun demikian, tujuan tersebut hingga kini masih belum seperti yang diharapkan, karena baik Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah masih terus menghadapi persoalan kemiskinan.

Berbagai program pengentasan kemiskinan sudah dijalankan tetapi hasilnya belum memberikan dampak pengentasan kemiskinan yang signifikan. Di sisi lain, keberhasilan pembangunan nasional sangat ditentukan oleh keberhasilan pembangunan di tingkat daerah. Upaya pembangunan yang dapat dilakukan Pemerintah Daerah dalam rangka menanggulangi kemiskinan adalah salah satunya dengan mendorong pembangunan ekonomi.

Pemerintah Daerah dipandang perlu memerhatikan pertumbuhan ekonomi sebagai sebuah instrumen dalam mendorong pembangunan ekonomi agar pada akhirnya dapat mencapai tujuan penanggulangan kemiskinan yang efektif dan meningkatkan kesejahteraan (welfare) masyarakat. Pertumbuhan ekonomi dapat menjadi variabel yang sangat penting bagi upaya menanggulangi kemiskinan di daerah, khususnya Provinsi Sumatera Selatan. Dengan demikian, masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah “Apakah pertumbuhan ekonomi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap tingkat kemiskinan di Provinsi Sumatera Selatan?”

Untuk mendapatkan hasil riset dan paparannya dapat mengklik link ini Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Tingkat Kemiskinan di Provinsi Sumatera Selatan

Yanti/Jurnalis/VM/BD
Editor : Eni Ariyanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*