Kerajinan Kain Tenun Ikat Sumba Timur

Dalam Episode Ragam Nusantara kali ini kita akan melihat keragaman budaya Indonesia menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara, hal itu telah menjadi industri yang cukup menjanjikan. Salah satu industri pengerak ekonomi di Kabupaten Sumba Timur adalah kerajinan kain “Tenun Ikat”. Industri kerajinan ini sangat mendominasi industri rumah tangga di kabupaten Sumba Timur, dan banyak masyarakat yang menggantungkan hidupnya dari penghasilan kain tenun.

Industri kerajinan tenun ini merupakan tradisi dari nenek moyang dan memiliki nilai kerajinan yang bermutu tinggi. Tenunan ini umumnya dipakai sebagai hiasan, hadiah, upacara adat, dan simbol status sosial.

Tidak diragukan lagi, memang lembaran kain dari Sumba Timur itu sungguh sangat mengagumkan. Corak dan motifnya yang bernuansa etnik dan tradisional memiliki keindahan serta keunikan tersendiri. Cara Pembuatan kain tenun ini masih tradisional. Dibuat dengan cara ditenun secara manual, kemudian diwarnai dengan warna-warna dengan bahan dari alam.

Yanti/Jurnalis/VM/BD
Editor : Eni Ariyanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*