20110723karetnn

Kalimantan Timur Membutuhkan Pabrik Pengolahan Karet

(Berita Daerah – Kalimantan) Anggota DPRD Kalimantan Timur Muhammad Samsun mengatakan Provinsi Kalimantan Timur perlu membangun pabrik pengolahan karet untuk menghindari monopoli harga karet oleh produsen olahan hasil perkebunan tersebut. Hal ini didasari oleh anjloknya harga karet yang membuat para petani menjadi tertekan.

Samsun di Samarinda, Rabu (11/2) mengatakan bahwa pada saat ini ribuan petani karet di Kalimantan Timur tengah dipusingkan dengan anjloknya harga komoditas karet, dari sebelumnya berkisar Rp10.000-Rp12.000 menjadi Rp7.000-Rp8.000 per kilogram. Anjloknya harga karet tersebut disebabkan harga yang dipatok pabrik yang berlokasi di Pulau Jawa dan Banjarmasin, Kalimantan Selatan hanya berkisar Rp6.000-Rp8.000 per kilogram.

Oleh karena itu pembangunan pabrik karet di Kalimantan Timur diperlukan agar para petani di Kalimantan Timur tidak menjual karet mentah ke luar daerah. Dengan begitu diharapkan dapat menjawab keresahan para petani terkait dengan anjloknya harga komoditas tersebut.

Faktor pendukung lainnya untuk mendirikan pabrik karet di Kalimantan Timur antara lain kondisi pada saat ini dimana produksi karet di Kalimantan Timur semakin meningkat setiap tahun, akan tetapi komoditas karet di Kalimantan Timur belum memiliki sentra pengolahan yang membuat para petani menjualnya dalam bentuk mentah.

Berdasarkan data Dinas Perkebunan Kalimantan Timur, luas lahan perkebunan karet di provinsi tersebut pada tahun 2013 mencapai lebih dari 103.000 hektare dengan kapasitas produksi sekitar 59.963 ton atau produktivitas tanaman ini lebih kurang 1.191 kilogram per hektare.

Kabupaten Kutai Barat menjadi daerah penghasil karet terbesar di Kalimantan Timur dengan produksi mencapai 35.278 ton dari luas lahan 34.421 hektare. Produktivitas karet di daerah ini juga tercatat yang paling tinggi, yakni 1.620 kilogram per hektare.

Walaupun secara statistik menunjukkan tren positif, hingga saat ini pengolahan karet di Kaltim masih bergantung pada daerah lain atau bahkan negara lain. Oleh karena itu diharapkan pemerintah dapat turun tangan mengatasi keresahan ribuan petani karet ini dengan cara membangun pabrik karet di Kalimantan Timur.

Salah satu caranya yang bisa dilakukan yaitu melalui kerja sama dengan pihak investor, sehingga pemerintah daerah membantu menyiapkan lahan dan investor yang membangun pabrik pengolahan karet tersebut.

Keberadaan pabrik pengolahan karet itu nantinya juga akan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat. Jadi, selain menyejahterakan petani karet, pabrik itu juga ikut mendukung menggerakkan perekonomian daerah dan ditambah lagi akan banyak tenaga kerja yang terserap.

Akbar Buwono/Regional Analyst at Vibiz Research/VM/BD
Editor : Eni Ariyanti
image: ant

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>