antarafoto-target-normalisasi-harga-beras-160315-1

Kalimantan Tengah Diminta Tiru Keberhasilan Swasembada Beras Kalimantan Selatan

(Berita Daerah – Kalimantan) Kalimantan Tengah diminta untuk bisa meniru keberhasilan Kalimantan Selatan pada sektor pertanian karena sudah mampu swasembada beras, terutama untuk beberapa daerah kabupaten penghasil beras yang ada di Kalimantan Tengah. Hal tersebut disampaikan oleh anggota Komisi IV DPR RI asal Kalimantan Tengah H.Hamdani.

Hamdani di Pelaihari, Kalimantan Tengah, Kamis (23/4) mengatakan jika ketahanan pangan merupakan hal yang sangat penting bagi daerah. Kalimantan Tengah sendiri memiliki beberapa kabupaten yang memiliki potensi untuk dikembangkan pertanian tanaman pangan seperti di Kabupaten Kapuas, Kabupaten Barito Timur, Kabupaten Katingan dan Kabupaten Pulang Pisau.

Apabila keempat kabupaten tersebut benar-benar bisa dikembangkan pertanian tanaman pangannya, maka berpotensi untuk bisa menciptakan swasembada beras bagi Kalimantan Tengah. Dengan keberhasilan Kalimantan Tengah mencapai swasembada beras, nantinya juga turut berkontribusi terhadap pencapaian target swasembada beras secara nasional.

Begitu pula nantinya apabila Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi (RTRWP) sudah disahkan, maka lahan peruntukan pertanian yang telah ditetapkan tidak boleh dialihfungsikan. Lahan untuk pertanian tersebut akan diperuntukan bagi kegiatan usaha tani tanaman pangan dan holtikultura.

Selanjutnya Hamdani mengungkapkan dari hasil kunjungannya kebeberapa kabupaten di Kalimantan Selatan, ada dua kabupaten di Kalimantan Selatan yang usaha taninya berkembang baik dan patut ditiru oleh Kalimantan Tengah. Dua kabupaten itu adalah, Kabupaten Tanah Laut berhasil mengembangkan jagung, sapi dan buah naga, sedangkan Kabupaten Banjar berhasil mengembangkan usaha di bidang perikanan darat.

Kemudian Hamdani menambahkan dengan melihat kenyataan tersebut, sangatlah mungkin pengembangan usaha tani tanaman pangan, peternakan, dan perikanan darat juga berkembang di Kalimantan Tengah. Selain itu Kalimantan Tengah juga memiliki keunggulan lain yaitu memiliki garis pantai yang cukup panjang sehingga bisa dimanfaatkan produksi hasil tangkapan perikanan laut.

Begitu juga dengan potensi laut lainnya, dimana pada saat ini masih terkesan belum optimal digali sebagai salah satu sumber pendapatan daerah. Selain perikanan tangkap, Kalimantan Tengah juga dapat mengembangkan perikanan budidaya.

Pengembangan sektor pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan di Kalimantan Tengah akan memberikan dampak positif bagi daerah karena mampu menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang cukup besar dan mampu meningkatkan pendapatan masyarakat. Tentunya hal tersebut harus mendapatkan dukungan dari pemerintah berupa penyediaan pupuk bersubsidi, penyediaan bibit unggul dan bantuan alat mesin pertanian.

Akbar Buwono/Regional Analyst at Vibiz Research/VM/BD
Editor : Eni Ariyanti
image: ant

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>