Pemerintah Mendorong Percepatan Pembangunan Diluar Pulau Jawa

Pemerintah mendorong untuk dilakukannya percepatan pemerataan dan penyebaran industri ke seluruh wilayah Indonesia, hal ini searah dengan kebijakan pembangunan industri nasional sesuai Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019.

Pemerintah menyatakan optimismenya terhadap industrialisasi di luar Pulau Jawa, khususnya wilayah Timur, karena kekayaan sumber daya alamnya.

Wilayah Timur Indonesia sangat kaya dengan sumber daya alam (SDA), khususnya mineral dan hasil laut maka di yakini industrialisasi di wilayah timur akan dapat berkembang pesat.

Untuk pemerataan pembangunan kawasan industri dan Sentra Industri Kecil dan Menengah (SIKIM), Pemerintah akan membangun perwilayahan industri di luar Pulau Jawa. Akan ada sebanyak 14 kawasan industri dan 22 sentra (SIKIM) yang dibangun di kawasan timur dan barat Indonesia. Pembangunan akan dimulai simultan sejak tahun 2015 hingga 2019 mendatang.

Arah kebijakan pembangunan industri juga dilakukan dengan penumbuhan populasi industri dengan target 9.000 usaha industri berskala besar dan sedang baru, di mana 50 persen tumbuh di luar Pulau Jawa, serta 20.000 unit IKM daya saing dan produktivitas, khususnya peningkatan nilai ekspor dan nilai tambah per tenaga kerja.

Yanti/Jurnalis/VM/BD
Editor : Eni Ariyanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*