Potensi Energi Baru Terbarukan : Energi Nuklir

Energi Nuklir merupakan energi hasil dari sebuah proses kimia yang dikenal dengan reaksi fisi dan reaksi fusi pada sebuah inti atom.

Keuntungan energi nuklir adalah reaksi nuklir dapat melepaskan energy satu juta kali lebih banyak dari energi air dan energi angin. Saat ini sekitar 10-15% dari listrik dunia diperoleh melalui energi nuklir. Reaksi nuklir juga tidak melepaskan gas rumah kaca. Produksi energi nuklir juga tidak memancarkan asap, maka tidak ada polusi udara. Hanya limbah reactor nuklir yang sangat penting harus diperhatikan supaya tidak memberikan dampak buruk bagi masyarakat sekitar.

Tidak dipungkiri, bayangan buruk dan menakutkan tentang nuklir dan pengembangannya memang banyak memberikan kekuatiran akan bahaya nuklir. Namun, pemanfaatan yang bijaksana, bertanggung jawab, dan terkendali atas energi nuklir dapat meningkatkan taraf hidup sekaligus memberikan solusi atas masalah kelangkaan energi.

Ketua Himpunan Masyarakat Nuklir Indonesia, Arnold Soetrisnanto menyatakan, jika program Go Nuklir sudah dijalankan di Indonesia, maka akan membuka peluang investor untuk masuk dan berinvestasi dalam energi nuklir untuk pengembangan bisnis energi dan kelistrikan.

Dodo/BD/VMN/Journalist
Editor : Riris K
image : wikipedia

One comment

  1. Awesome! Its in fact remarkable paragraph, I have got
    much clear idea about from this article.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*