energi angin-icon

Potensi Energi Baru Terbarukan : Energi Angin

Tidak seperti bahan bakar fosil, energi angin merupakan sumber energi terbarukan yang tidak dapat habis. Energi angin tersedia melimpah, tersedia di atmosfer lima kali lebih besar daripada konsumsi energi dunia saat ini. Ada sekitar 72 TW (tera watt) potensi energi angin baik yang ada di darat dan dekat pantai, dan ini melebihi lima kali lebih banyak dari penggunaan energi dunia saat ini.

Keuntungan dalam energi angin tidak akan membuat pencemaran terhadap sekitar kita, sehingga bisa dimanfaatkan sebanyak-banyaknya.

Untuk memperoleh energi angin, dapat menggunakan turbin angin, dimana dengan potensi yang besar, maka setiap orang bisa membangun atau membeli turbin angin untuk memanfaatkan energi angin dan memenuhi kebutuhan energi di rumah sendiri.

Hasil listrik dari tenaga angin akan menjadi lebih hemat biaya dengan pengurangan biaya instalasi, dengan demikian meningkatkan efisiensi dan energi angin menjadi lebih dapat dimanfaatkan.

Energi angin direncanakan mencapai 250 MW pada tahun 2025, sementara sampai saat ini pemanfaatan energi angin di Indonesia baru mencapai kurang lebih 1 MW daya terpasang.

Soeripno Martosaputro, Ketua Masyarakat Energi Angin Indonesia, menyatakan potensi pengelolaan energi angin di Indonesia terus berkembang. Dalam waktu dekat ini akan dibangun Win Farm di Indonesia untuk mengelola hasil energi angin ini, yaitu di Bantul untuk kapasitas 50 MW dan di Sidrap untuk kapasitas 70 MW. Juga regulasi pemerintah dalam hal Feed in Tariff untuk energi angin akan segera dikeluarkan.

Dodo/BD/VMN/Journalist
Editor : Riris K
image : wikipedia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *