BKPM : Produsen Olahraga Perancis Siap Investasi Senilai Rp. 6,9 Triliun

(Berita Daerah – Jakarta) Perancis menjadi salah satu negara di Eropa yang menyampaikan minat investasinya di Indonesia. Melalui Kantor perwakilan BKPM di London kembali mengidentifikasi minat investasi dari negara Eropa sebesar US$ 500 juta atau setara dengan Rp 6,9 triliun.

Minat investasi tersebut disampaikan oleh produsen olahraga kenamaan Perancis yang berminat di bidang ritel department store dengan konsep terpadu, riset dan pengembangan serta perdagangan ekspor impor.

Perancis masuk dalam tujuh negara Eropa yang menjadi prioritas pemasaran investasi BKPM. Komitmen investasi negara Perancis di Indonesia pada Januari tahun 2016 sebesar Rp 123 miliar, nilai ini masih dibawah negara Eropa lainnya seperti Belanda sebesar Rp 4,38 triliun, Inggris 1,12 triliun, dan Jerman Rp 590 miliar.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Franky Sibarani menyampaikan bahwa BKPM menyambut positif minat investasi yang disampaikan oleh produsen alat olahraga Perancis tersebut melalui kantor perwakilan BKPM di London. “Jangka waktu investasi akan dilakukan secara bertahap dalam waktu lima tahun. Ini positif untuk meningkatkan investasi dari negara-negara Eropa,” ujarnya dalam keterangan resmi kepada Beritadaerah.co.id, Jum’at (11/3).

Menurut Franky, perusahaan yang menanamkan modalnya terletak di Lille, Perancis Utara dan akan mendirikan fasilitas terpadu mulai dari research dan development produk keperluan 60 jenis oleh raga yang kemudian produksinya dikerjakan oleh pihak mitranya dan kemudian produk tersebut akan dijual di department store milik investor.

“Produk yang dihasilkan di suatu negara, termasuk yang akan dibuat di Indonesia, tidak hanya dipasarkan di dalam negara tersebut, tetapi juga akan diekspor ke department store lainnya yang ada di seluruh dunia yang memiliki potensi pasar atas produk tersebut,” jelasnya.

Franky menjelaskan bahwa pihaknya akan terus menjalin komunikasi dengan perwakilan RI di Perancis untuk mengawal minat investasi yang telah disampaikan. “Kantor Perwakilan BKPM di London serta tim Marketing Officer wilayah Eropa akan berkomunikasi langsung dengan investor terkait untuk menyampaikan kemudahan-kemudahan investasi di Indonesia,” paparnya.

Sementara Pejabat Promosi Investasi kantor perwakilan BKPM di London Nurul Ichwan menyampaikan bahwa investor telah memiliki 20 merek produk untuk 60 kegiatan olah raga yang diproduksi sejumlah 868 juta item setiap tahunnya dan disebarkan ke seluruh dunia. “Dua diantara produk yaitu sepatu olah raga dengan dan sarung tangan untuk golf yang telah diproduksi di Indonesia dan dijual di seluruh toko di dunia,” imbuhnya.

Produsen alat olahraga yang akan berinvestasi di Indonesia tersebut telah memiliki 1.030 unit departmen store di seluruh dunia. Terbanyak adalah di wilayah Eropa, khususnya di Perancis yang memiliki 300 Department Store, di Tiongkok 166 unit, Rusia 39 unit, India 37 unit, Brasil 19 unit, Thailand 5 unit, Maroko 4 unit dan Timur Tengah 3 unit.

Yohan/Journalist/BD
Editor : Lenny Ambarita
image  : BD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*