Pusat Logistik Berikat Meningkatkan Daya Saing Indonesia

Salah satu indikator dalam Ease of Doing Business 2015 yang dikeluarkan oleh Bank Dunia adalah perdagangan lintas negara, dimana dalam indikator tersebut dinilai kinerja prosedur ekspor dan impor. Dari hasil survei tersebut Indonesia berada di peringkat ketujuh negara di ASEAN.

Untuk itu pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan kinerja logistik Indonesia ditandai dengan penetapan 11 pusat logistik berikat di seluruh Indonesia. Pusat Logistik Berikat ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing investasi Indonesia yang saat ini harus bersaing dengan negara-negara Asia Tenggara.

Deputi Bidang Pengendalian dan Pelaksanaan Penanaman Modal Azhar Lubis yang menilai bahwa PLB merupakan bagian inovasi kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah pusat dalam upaya meningkatkan kemudahan berusaha di Indonesia.

Azhar berharap fasilitas ini dapat dioptimalkan dalam mengembangkan usaha dan memperluas jaringan pasokan. PLB merupakan suatu gudang logistik multifungsi yang mendapat fasilitasi pembebasan bea masuk dan pajak impor. Ketentuan pembentukan PLB juga akan menarik investasi, yaitu dengan diperbolehkannya pengusaha asing nonpabrik menjadi supplier bahan baku di PLN.

Yohan/Jurnalis/VM/BD
Editor : Lenny Ambarita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*