Presiden Jokowi : Kita Harus Memenangkan Kompetisi Global!

Presiden Joko Widodo mengingatkan kepada para bupati dan perwakilan kebupaten bahwa kunci memenangkan persaingan global adalah dengan melakukan reformasi total hal-hal struktural, khususnya masalah penghambat pengambilan keputusan, baik yang ada di kementerian pusat, provinsi, kota, kabupaten hingga ke bawah. Demikian ditegaskan Presiden Joko Widodo pada penutupan acara Apkasi International Trade and Investment Summit yang ke-12, pada hari Sabtu (07/05) di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

“Kita ini negara besar, tapi kecepatan bertindak dan memutuskan terhambat oleh aturan yang dibuat kita sendiri, padahal perubahan global dan ekonomi sangat cepat sekali, dan hal tersebut bisa diantisipasi kalau ada fleksibilitas untuk cepat mengambil keputusan”, demikian pernyataan Presiden Joko Widodo.

Dalam kesempatan tersebut Presiden Joko Widodo juga menyatakan dengan adanya paket deregulasi mulai dari paket kebijakan ekonomi I hingga ke 12 diharapkan dapat memberikan penguatan pembangunan dan ekonomi di seluruh Indonesia, termasuk di daerah-daerah.

Presiden Joko Widodo juga menegaskan harus dilakukan reformasi total hal-hal yang struktural baik yang ada di kementerian pusat, provinsi, kota, kabupaten. Karena dengan adanya persaingan dan kompetisi global, maka kalau tidak mampu, maka persaingan tersebut akan menggilas daerah, propinsi, bahkan negara.

“Kita harus memenangkan persaingan ini! kita harus memenangkan kompetisi ini! demikian tegas Presiden Joko Widodo sebelum menutup acara pameran Apkasi ke 12 ini.

Setelah acara penutupan, Ketua Asosiasi Pemerintahan Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), Mardani H. Maming menyatakan kepada Berita Daerah, bahwa mengapresiasi kepedulian pemerintah untuk acara pameran Apkasi ini yang menandakan pemerintah mencintai pembangunan dari pinggiran yaitu dari daerah-daerah. Mardani mengharapkan setiap daerah memiliki produk-produk unggulan dan dapat saling bertukar sehingga tidak perlu lagi melakukan impor dari luar negeri, sehingga menguatkan pembangunan ekonomi tiap-tiap daerah

Ke depannya Mardani menyatakan akan membuat aplikasi online untuk menampilkan potensi-potensi daerah, sehingga investor dapat melihat peluang investasi yang ada dan semakin mempermudah dan mempercepat investasi di Indonesia.

Doni/Journalist/BD
Editor : Asido Situmorang
image  : bd

 

One comment

  1. Learn on. Perceive the emotions tied to this one piece.
    I like huge and daring. Little doubt, no exceptions, dyed within the wool HUGE stuff lover.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*