Potensi Kabupaten Nias Dari Sektor Perkebunan Hingga Energi

Kabupaten Nias, Provinsi Sumatera Utara, memiliki potensi beraneka ragam, mulai dari perkebunan hingga energi, demikian disampaikan Bupati Nias, Drs. Sokhiatulo Laoli, MM, saat wawancara eksklusif dengan Berita Daerah pada pameran Apkasi International Trade and Investment Summit yang ke-12, pada hari Kamis (05/05) di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Kabupaten Nias memiliki potensi besar dalam pariwisata laut, alam, seni budaya. Wisata yang dimiliki seperti diving di daerah Onolimbu, juga ada potensi perikanan melalui pemancingan.

Untuk perkebunan, ada potensi tanaman karet, dimana 60-70% masyarakat Nias bekerja di perkebunan karet. Selama ini masayarakat menjual bahan baku karet ke luar. Karena itu ini menjadi potensi untuk mendirikan pabrik pengolahan industri karet.

Kemudahan-kemudahan yang dilakukan pemerintah Kabupaten Nias adalah pemerintah mempermudah perizinan, tidak ada pungutan liar, biaya hanya sesuai ketentuan yang berlaku. Bahkan untuk energi listrik, diberikan lahan cuma-cuma.

Doni/Journalist/BD
Editor : Asido Situmorang
image  : bd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*