Kolaka Promosikan Sektor Pariwisata, Perikanan Dan Pertanian

Kabupaten Kolaka,  mencakup daerah kepulauan dan daratan,  dengan panjang laut  yakni 225 km, membuat Kolaka memiliki potensi  di sektor Perikanan dan Kelautan seperti  rumput laut, ikan cakalang, dan budi daya udang panamey.  Kini, sudah terconnect dengan  pembangunan TPI, dan  Cold  Storage untuk ikan juga sudah tersedia  Sedangkan udang paname di tahun lalu, mampu memproduksi sampai 5000 ton, dan ini masih terus dikembangkan

Di  bidang tanaman pangan,  Kolaka dinilai surplus oleh Kementan,  khususnya untuk 5 program kementerian yakni PAJALE :  padi, jagung, kedele, ditambah lagi cabe dan  bawang.  Kolaka dinilai baik oleh Kementerian Pertanian, sehingga Pemerintah mensupport dengan memberikan dana segar dan peralatan pertanian.

Sektor lain yang sedang dikembangkan juga adalah di bidang perternakan,  khususnya pengembangan sapi, dmulai dengan pemberian bantuan padang pengembalaan oleh Pemerintah, sehingga diharapkan nantinya  akan menjadi pengekspor sapi dalam negeri, baik dari sisi pengembangbiakan maupun penggemukan.  maka akan terbuka kerjasama kontrak dengan provinsi lainnya.

Pemkab Kolaka siap mengundang investor untuk  sektor Pariwisata, yakni dengan memberikan segala kemudahan perizinan yakni paling lambat 3 hari. Pemkab Kolaka mengatakan bahwa keseriusan investor untuk menanamkan modalnya, dengan menyerahkan kewajiban jaminan sebesar 2 % dari modal yang ditanamkan. Upaya ini untuk sebagai jaminan dan bukti keseriusan investor berinvestasi di Kabupaten Kolaka.

Lea/Journalist/BD
Editor : Lenny Ambarita
image  : bd

One comment

  1. Hi there, I enjoy reading through your post. I wanted to write a little comment to support you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*