Kabupaten Poso Promosikan Sektor Pariwisata dan Perikanan

Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah, memiliki potensi pariwisata yang cukup menjanjikan bagi para investor.  Hamparan pulau-pulau yang terdiri dari atas 6 pulau besar yang berbukit, dan sekitar 60 pulau kecil lainya.

Adapula,  obyek wisata lainnya yaitu Taman Laut Kalamalea, Taman Nasional Lore Lindu, Air Terjun Saluopa, dan Danau Poso.  Danau Poso, danau nomor dua, yang terbilang masih perawan, airnya yang jernih dan dalam,  serta pasir pantai yang putih dan kuning,  tersimpan di dalam danau ini ikan Sogili, atau ikan Sidat.

Kini, ikan sidat menjadi primadona baru di dunia perikanan karena harganya yang mahal dan menjadi komoditi ekspor.  Jepang, Korea, Cina, dan Taiwan adalah negara pengeskpor ikan sidat,  yang merupakan komsumsi bagi negara tersebut.

Luas perairan lautnya yang cukup panjang, mampu membuat sektor perikanan dan kelautan menjadi potensi unggulan. Potensi unggulan ini masih perlu dikembangkan yakni antara lain udang, tuna, cakalang, kerapu, teripang, lajang dan rumput laut.

Lea/Journalist/BD
Editor : Lenny Ambarita

One comment

  1. This is very interesting, You are a very skilled blogger. I have joined your rss feed and look forward to seeking more of your great post. Also, I ave shared your site in my social networks!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*