KKP Targetkan Konsumsi Ikan Masyarakat Indonesia 70 Kg Per Tahun

(Berita Daerah – Jakarta) Indonesia sebagai negara yang memiliki sumber daya kelautan yang besar dan mampu menjadikan produk kelautan Indonesia bersaing di pasar internasional. Namun tingkat konsumsi ikan penduduk Indonesia masih rendah, dibandingkan negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Thailand.

Untuk itu Pemerintah menaruh perhatian khusus bagi masyarakat Indonesia untuk dapat mengkonsumsi ikan lebih banyak. Sebagai perbandingan, konsumsi makan ikan orang Malaysia mencapai 57 kilogram per kapita per tahun. Konsumsi ikan orang Jepang, yang wilayahnya juga merupakan kepulauan, mencapai 70 kilogram per kapita per tahun.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menginginkan tingkat konsumsi ikan masyarakat Indonesia dalam setahun bisa mencapai 70 Kg per tahunnya. “Saya ingin betul-betul Indonesia jangan memakan ikan hanya 40 kilo dalam setahun. Paling tidak 70kg.”, ungkap Susi di gelaran acara puncak operasi pasar ikan murah di Jakarta yang dikutip dari laman KKP.go.id, Minggu (26/6).

Susi juga menjelaskan, selain pertumbuhan otak, ikan juga bisa menjaga sel-sel tubuh menusia. Hal ini tentunya mampu menjadikan bangsa Indonesia mencetak generasi cerdas hingga nantinya bersaing dengan sumber daya manusia dari asing.

“Terutama untuk sel otak. Supaya bangsa Indonesia bisa bersaing di lingkup MEA. Kalo anak-anak kita bodoh, cara berfikirnya pelan ya nanti disalip dengan bangsa lain.”, lanjutnya.

Pemerintah terus mendorong para pengusaha hingga pedagang untuk terus menjual ikan, guna dapat mempermudah masyarakat untuk memenuhi kebutuhan protein hewani yang menyehatkan.

“Jadi ikan itu sehat, ikan itu pintar. Kalau generasi muda kita makan ikan cukup, pasti pintar-pintar. Ibu-ibu di rumah juga sudah bisa kreatif untuk budidaya kecil-kecilan di rumah. Misalnya dengan drum itu ternak lele”, pungkasnya.

Gemar makan ikan, lanjut Susi harus digalakkan sedari dini. Susi juga menekankan agar sumber daya ikan yang dimiliki dapat dimanfaatkan dan dikonsumsi oleh bangsa sendiri.

Kondisi sekarang kebiasaan memakan ikan pada orang Indonesia belum bisa dikatakan sudah membudaya. Kendala ketersediaan pasokan karena distribusi yang panjang dan harga yang tinggi masih besar untuk mewujudkan budaya makan ikan. Guna mewujudkan target konsumsi ikan nasional, ketersediaan ikan dan harga yang terjangkau masyarakat merupakan hal yang sangat penting.

Yohan/Journalist/BD
Editor : Lenny Ambarita
image  : BD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*