Panen Raya Kepri : Gubernur Dorong Kabupaten Lingga Menjadi Lumbung Beras

(Berita Daerah – Sumatera) Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Nurdin Basirun menginginkan setiap daerah di Kepulauan Riau memiliki sektor unggulan masing-masing untuk dikembangkan. Salah satunya Kabupaten Lingga sudah tepat dijadikan pusat pertanian sawah, dengan misi menjadikan Kabupaten Lingga sebagai  lumbung beras tahun 2020.

Hal ini disampaikan langsung oleh Nurdin saat melakukan panen perdana sekaligus melakukan peresmian pengoperasian pabrik penggilingan padi di Desa Sungai Besar, Kecamatan Lingga Utara, Kabupaten Lingga, Kepri,  Selasa (12/7).

Gubernur juga meminta kepada seluruh jajaran pemerintahannya khususnya kepala daerah di Kepri, untuk mendukung apa yang menjadi kebijakan pemerintah pusat, terutama merealisasikan motto pemerintah pusat yaitu untuk kerja, kerja, kerja pada seluruh kepala daerah.

Hal tersebut ditekankan bukan untuk pencitraan melainkan hal itu sebagai realita yang harus juga dijalankan oleh kepala daerah di Kepri, salah satunya juga telah dilakukan oleh Bupati Kabupaten Lingga. Diharapkan semangat tersebut tidak menjadi surut, bukan untuk kepentingan pribadi melainkan untuk kesejahteraan masyarakat.

Nurdin juga menginginkan agar ke depan Kabupaten Lingga mampu memproduksi hasil dari potensi sumber daya alam yang ada di daerahnya, karena hal ini akan berdampak luas, seperti pembangunan daerah yang meningkat, dan kesejahteraan masyarakat juga akan bertambah.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Kepri juga meminta agar dinas terkait di Pemerintah Provinsi Kepri mengakomodir apa saja yang dibutuhkan Pemkab Lingga untuk mengembangkan luas persawahannya tersebut. Salah satunya, masalah pembangunan irigasi untuk pengairan sawah sebagaimana disampaikan Bupati Lingga Alias Wello.

Nurdin juga berpesan agar irigasi ini harus dipelajari betul, jangan sampai masuk air laut yang akan merusak hasil panen, dan harus dimanfaatkan juga, seperti tabur lele, mujair dan nila. Nantinya akan banyak hasil yang didapat.

Sementara itu Bupati Lingga Alias Wello mengatakan, bahwa pengembangan sawah yang dia lakukan tersebut sama sekali tidak menggunakan dana pemerintah, baik APBN maupun APBD. Wello meyakini apa yang dilakukannya itu  akan berdampak positif bagi masyarakat Lingga, seperti terbukanya lapangan pekerjaan dan meningkatnya kesejahteraan masyarakat.

Panda/Journalist/BD
Editor : Agustinus Purba
image  : Setkab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*