Industri Komponen Otomotif Senilai Rp 1,15 Triliun Beroperasi di Cikarang, Jabar

(Berita Daerah – Jawa) Dalam peresmian pabrik PT. Toyota-Denso (TD) Automotive Compressor Indonesia di Cikarang, Bekasi, Jumat (14/10), Sekjen Kementerian Perindustrian Syarif Hidayat menyampaikan bahwa industri komponen otomotif nasional terus tumbuh seiring peningkatan produksi dan penjualan kendaraan. Pemerintah terus mengiatkan dan mendorong industri otomotif nasional untuk memacu penggunaan komponen lokal.

“Secara keseluruhan, saat ini terdapat 1.500 perusahaan komponen otomotif di Indonesia yang terbagi dalam Tier 1, Tier 2 dan Tier 3,” kata Syarif Hidayat yang dikutip dalam laman kemenperin.go.id, Jumat (15/10).

Syarif meyakinkan, beroperasinya pabrik pertama PT. TD Automotive Compressor Indonesia (TACI) ini akan memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian nasional karena perusahaan menambah investasi, karyawan, serta meningkatkan jumlah pemasok komponen lokal dalam kegiatan produksi industri di Tanah Air. Untuk perkembangan industri kendaraan roda empat di dalam negeri, lanjutnya, total penjualan mencapai 1 juta unit dan produksi sebesar 1,1 juta unit pada tahun 2015.

Sedangkan, dari sisi nilai investasi, industri kendaraan bermotor roda empat atau lebih serta suku cadang dan aksesorisnya mencatatkan penanaman modal asing (PMA) sebanyak USD 1,4 juta dan untuk penanaman modal dalam negeri (PMDN) sekitar Rp 930 miliar pada tahun 2015.

Sementara itu, Presiden Direktur PT. TD Automotive Compressor Indonesia (TACI) Ryuya Ogiso menyampaikan, pabrik yang dibangun sejak Januari 2011 dengan luas pabrik 4,3 hektar (ha) di atas area lahan 10 ha ini akan memproduksi komponen otomotif khususnya kompresor AC mobil dengan clutch.

Pemerintah juga mendorong perusahaan agar pabrik dapat mengembangkan sumber daya manusia (SDM) Indonesia di sektor industri otomotif. Hal ini akan memenangkan persaingan global industri otomotif nasional. Syarif menambahkan bahwa pengembangan SDM yang berkualitas menjadi penting, selain penyediaan infrastruktur pendukung.

Saat ini industri otomotif Indonesia masih menduduki peringkat kedua di ASEAN di bawah Thailand. Tahun 2015, produksi kendaraan bermotor Negeri Gajah Putih itu mencapai 2,5 juta unit, sedangkan produksi nasional baru 1,2 juta unit. Pemerintah tahun 2016 mengharapkan industri otomotif nasional dapat mencapai produksi kendaraan sebesar 2 juta unit.

Yohan/Journalist/BD
Editor : Lenny Ambarita
image  : Kemenperin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*