rumah

Pameran Rumah Rakyat 2016 di Jakarta Menghasilkan Transaksi Sebesar Rp 42 Miliar

(Berita Daerah – Jakarta) Pameran Rumah Rakyat 2016 yang diselenggarakan oleh Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat di Exhibition Hall Gedung Smesco, Jakarta, telah ditutup hari Minggu (13/11) sore, oleh Ibu Anita Firmanti selaku Sekretaris Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Pamaran yang berlangsung selama 5 hari dari tanggal 9 hingga 13 November 2016 telah dikunjungi oleh rata-rata 1.000 orang per hari.

Dalam pameran tersebut terjadi transaksi sebanyak Rp 42 miliar dengan total pengunjung 5.200 orang. Pameran perumahan yang menampilkan berbagai pengembang yang menjual rumah dengan kredit pemilikan rumah melalui fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (KPR FLPP) ini ramai dikunjungi masyarakat, khususnya masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Sebelumnya pameran yang sama yang dilaksanakan di Kota Jambi dikunjungi sebanyak 2.324 orang, dengan total transaksi mencapai Rp 10,7 miliar untuk 97 unit rumah sejahtera. Kabupaten Banyuwangi jumlah pengunjung mencapai 12.581 orang, dengan total transaksi senilai Rp 53,5 miliar untuk 584 unit rumah sejahtera. Kota Kendari jumlah pengunjung sebanyak 1.925 orang, terdapat transaksi senilai Rp 41,9 miliar untuk 401 unit rumah sejahtera.

Sekjen Anita dalam sambutan penutupannya menyampaikan bahwa pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat atas rumah yang layak huni dan terjangkau masih belum optimal dan perlu dukungan semua pihak. Masih banyak keluarga Indonesia yang belum mempunyai rumah dan itu merupakan tanggung jawab semua pihak baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Pemerintah berupaya mendorong percepatan penyelenggaraan perumahan dan kawasan permukiman dengan mencanangkan program satu juta rumah April 2015 lalu. Selain itu untuk mendukung program ini telah diterbitkan UU No 4 Tahun 2016 tentang Tabungan Perumahan Rakyat yang bertujuan untuk menyediakan dana murah jangka panjang yang berkelanjutan. Di sisi lain, pemerintah juga telah mengeluarkan paket kebijakan ekonomi XIII untuk memangkas perizinan menjadi hanya maksimal 44 hari.

Untuk mensosialisasikan program ini maka PPDPP sebagai pengelola dana FLPP pada  tahun 2016 menyelenggarakan pameran di 4 kota dan ditutup di Jakarta. Sebelumnya diadakan di Jambi, Banyuwangi dan Kendari dan mendapat dukungan dan respon yang baik dari masyarakat. “Saya berharap tujuan penyelenggaraan pameran ini untuk mensosialisasikan, menyebarluaskan informasi tentang program KPR FLPP tercapai,”ujar Anita.

Pemerintah melakukan berbagai upaya percepatan penyediaan perumahan sebagai salah satu hak warga negara yang diamanatkan oleh konstitusi. Disamping itu juga pemerintah telah memberikan sejumlah kemudahaan, seperti perizinan bagi developer sehingga biayanya menjadi lebih murah. Hal ini nantinya berpengaruh terhadap nilai jual rumah khususnya bagi MBR.

Yohan/Journalist/BD
Editor : Lenny Ambarita
Image  : PU

2 comments

  1. I am sure this paragraph has touched all the internet viewers, its really really nice paragraph on building up
    new weblog.

  2. Heya this is kinda of off topic but I was wanting to know if
    blogs use WYSIWYG editors or if you have to manually code with HTML.
    I’m starting a blog soon but have no coding expertise so I wanted to get guidance from someone with experience.
    Any help would be enormously appreciated!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*