Kota Sleman Kembali Raih Penghargaan IPI 2016

(Berita Daerah – Jawa) Untuk pertama kalinya di tahun 2016, Kementrian Pariwisata mengembangkan Indeks Pariwisata Indonesia yang penyusunannya mengacu pada Travel and Tourism Competitive Index yang disesuaikan dengan kondisi Indonesia.

Mengutip dari laman slemankab.go.id, Kamis (8/12), kesiapan daerah tujuan pariwisata menjadi motor pertumbuhan ekonomi bagi daerah dan nasional. Maka dengan pengukuran IPI yang berbasis data sekunder (data statistik) untuk menentukan skor indeks daya saing pariwisata di 505 kabupaten/kota. Dengan pengukuran ini,  daerah juga terbantu untuk dapat menumbuhkan sektor pariwisata yang dimiliki.

Kabupaten Sleman menjadi salah satu daerah yang mendapatkan penghargaan berdasarkan Indeks Pariwisata Indonesia (IPI), yang diterima langsung oleh Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun. Menteri Pariwisata yang berikan Penghargaan Indeks Pariwisata Indonesia kepada para pemenang yang meraihnya.

Kabupaten Sleman meraih sepuluh besar peringkat tertinggi dalam indeks daya saing dengan memperoleh skor 3,90, indeks persepsi dengan memperoleh skor 3,19, dengan total skor IPI sebesar 3,72. Selain itu, Kabupaten Sleman juga memperoleh peringkat II menurut aspek lingkungan pendukung bisnis pariwisata dengan skor 3,42.

Sri mengatakan bahwa ke depannya akan mengembangkan pariwisata Sleman, karena pariwisata merupakan andalan penerimaan pendapatan daerah. Dengan pencapaian itu, maka Sleman harus memperkuat sinergitas dengan SKPD terkait untuk mendukung pengembangan pariwisata. Perlu sekali Pemkab untuk terus meningkatkan sarana prasarana, membuat paket-paket wisata juga akses pendukung lainnya, sehingga wisatawan dapat memperpanjang untuk tetap tinggal di Sleman.

Pengembangan wisata yang difokuskan Pemkab Sleman pada wisata lereng Merapi dengan agribisnisnya, yang memungkinkan untuk ditanami buah maupun sayuran, seperti bunga krisan, anggrek dan lainnya.

Penilaian ini juga berdasarkan survey persepsi menggunakan model wawancara tatap muka yang bertujuan memboboti hasil pengukuran indeks daya saing dengan memasukkan penilaian masyarakat terkait pembangunan pariwisata di daerah masing-masing.

Sektor pariwisata akan mampu menjadi katalisator pertumbuhan perekonomian, sebab akan berdampak pada industri-industri lainnya yang akan mampu membuka lapangan pekerjaan.

Lea/Journalist/BD
Editor : Lenny Ambarita
image  : Slemankab.go.id

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*