NELAYAN TERKENDALA BBM
NELAYAN TERKENDALA BBM

KKP Terbitkan 143.600 Polis Asuransi Nelayan dari 36 Provinsi

(Berita Daerah – Nasional) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah menerbitkan 143.600 polis asuransi nelayan dari 36 provinsi seluruh Indonesia. Program ini adalah perlindungan nelayan melalui Bantuan Premi Asuransi bagi Nelayan (BPAN) atau asuransi nelayan telah berjalan.

Sebelumnya KKP bersama Jasindo telah melakukan seleksi calon penerima bantuan, dimana dari 247.694 polis yang diajukan, sebanyak 42 persen diantaranya tidak memenuhi kriteria peserta penerima asuransi nelayan.

Mengutip laman kkp.go.id, Kamis (5/1), adapun kriteria peserta yang ditentukan menerima asuransi adalah memiliki kartu nelayan, berusia paling tinggi 65 tahun, menggunakan kapal berukuran paling besar 10 GT, tidak pernah mendapatkan bantuan program asuransi dari pemerintah namun polis asuransinya sudah berakhir berakhir masa berlakunya atau jenis risiko yang dijamin berbeda.

Selain itu, syarat lainnya adalah tidak menggunakan alat penangkapan ikan yang dilarang berdasarkan peraturan perundang-undangan dan patuh pada ketentuan yang tercantum dalam Polis Asuransi.

Program ini diberikan kepada nelayan yang memiliki KTP dan kartu nelayan. Mereka akan mendapatkan santunan hasil kerja sama KKP dan pihak asuransi. Jika nelayan meninggal, lanjutnya, maka berdasarkan perundingan sementara KKP dengan pihak asuransi, klaimnya diperkirakan bisa mencapai paling sedikit Rp 60 juta.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti juga menginginkan agar organisasi nelayan di Indonesia dapat diperkuat keberadaannya guna membuat daya tawar nelayan menjadi semakin kuat.

“Dengan diperkuat organisasi tersebut ini dapat digunakan untuk membela kepentingan nelayan. Penyegaran harus dilakukan secara periodik dengan menyelenggarakan musyawarah nasional untuk tingkat nasional,” tutur Susi.

Premi yang tertera dalam kartu asuransi nelayan sebesar Rp 175 ribu dan berlaku selama satu tahun. Biaya tersebut ditanggung oleh pemerintah. Aktivitas melaut merupakan aktivitas yang berisiko tinggi. Apalagi jika dilakukan dengan perahu tanpa peralatan keamanan standar yang biasa dilakukan oleh nelayan pada umumnya.

Yohan/Journalist/BD
Editor : Lenny Ambarita
image  : BD

One comment

  1. ugSDLa we came across a cool web page that you may possibly appreciate. Take a look for those who want

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*