3310448085-hari-pertama-kunker-menko.3020

Kunker Pertama di Jatim Darmin Berpesan Wujudkan Sektor Digital

(Berita Daerah – Jawa) Dalam kunjungan kerja pertama di tahun ini Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution ke Provinsi Jawa Timur (Jatim). Dalam kunjungannya Darmin mengunjungi beberapa kota seperti Malang, Batu, Sidoarjo, dan Surabaya.

Memulai kunjungan kerjanya Darmin langsung meninjau Perusahaan Industri Pertahanan dan Keamanan Indonesia, kerja sama PT Dahana dengan PT Sari Bahari. Selanjutnya, rombongan menteri ini meluncur ke Universitas Brawijaya (UB).

Agenda pertama di kampus UB ini adalah Orasi Ilmiah bertajuk “Pengembangan Ekonomi Digital untuk Mendukung Kewirausahaan”. Acara kemudian dilanjutkan dengan Diskusi Kebijakan Pemerintah dengan Akademisi dan Kepala Daerah, bertempat di Gedung Widyaloka UB.

Darmin berpesan, untuk mewujudkan Indonesia yang lebih berdaya saing melalui pengembangan wirausaha dan sektor digital, dibutuhkan kerja sama semua pihak. Tidak hanya pemerintah, tapi juga dunia usaha, akademisi, dan masyarakat luas untuk menciptakan ekosistem yang kondusif.

Rangkaian acara kunker selanjutnya berupa peninjauan Situation Room Pengendalian Daerah Aliran Sungai Brantas Perusahaan Umum Jasa Tirta I. Kemudian, launching agrosegar.com sebagai e-commerce untuk produk UMKM di Kota Wisata Batu menjadi agenda ke-5 dalam kunjungan ini.

Kerjasama dan inisiatif seperti agrosegar.com ini juga diharapkan dapat semakin menyebar luas. Dengan demikian, akan semakin banyak daerah yang memiliki kemudahan akses untuk memasarkan potensi dan keunggulan wilayahnya secara online dan borderless.

Darmin sangat berterimakasi dan mengucapkan selamat atas keberhasilan launching platform agrosegar.com hari ini. Tapi kita juga harus pikirkan platform di beberapa Kabupaten/Kota lain. Sehingga kita bukan hanya sebagai pasar orang lain, termasuk dalam hal teknologi informasi dan komunikasi seharusnya kita bisa mentransformasikan menjadi sesuatu yang produktif.

Dalam sambutannya, Menteri Kominfo turut mengapresiasi peluncuran agrosegar.com ini. “Keinginan serempak dari Pemerintah Daerah, BUMD, dan masyarakat setempat untuk memberdayakan teknologi digital inilah yang menjadi nilai tambah dan patut kita apresiasi,” ujar Rudiantara

Pada kunjungan ke Jatim kali ini, Menko Darmin didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Staf Khusus Bidang Informasi – Juru Bicara Presiden Johan Budi, Gubernur Provinsi Jawa Timur Soekarwo, Pemimpin Daerah (Pemda) setempat, dan pejabat Kementerian/Lembaga terkait.

Panda/Journalist/BD
Editor : Agustinus Purba
Image : Ekon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*