Masyarakat Berdagang  Sebagai Pendorong Ekonomi Daerah

Pendorong perekonomian sebuah daerah terletak pada keterlibatan masyarakatnya dalam berjualan atau berdagang. Ini hasil pengamatan saya setelah banyak mengunjungi daerah-daerah di Indonesia. Kemajuan sebuah daerah tidak hanya bersumber dari kekayaan alamnya, diperlukan kemampuan bahkan budaya berdagang untuk mewujudkannya. Saya pernah mengunjungi kota seperti Singapura, Dubai, mereka tidak memiliki kekayaan alam yang bisa diandalkan, namun karena perdagangan, menjadikan kota-kota ini memiliki pendapatan perkapita yang tinggi. Perdagangan merupakan budaya yang perlu dikembangkan di masyarakat daerah untuk mendorong bertumbuhnya perekonomian daerah.

Daerah seperti Pontianak di Kalimantan Barat, memiliki semangat berdagang yang tinggi. Saat pagi hari saya berjalan di seputar jalan Gajah Mada Pontianak, saya mendapati para pedagang sudah mulai berjualan, banyak toko sudah siap melayani pelanggan sejak jam 6 pagi hari. Menarik diamati bahwa bukan saja toko, tapi juga pedagang yang tidak punya lokasi berjualan permanen telah hadir sejak hari masih gelap. Beberapa orang saya wawancarai darimana asalnya, mereka banyak yang petani, mereka menanam pepaya, jeruk dan dijual sendiri. Menarik disimak bila petani langsung berjualan akan mendapatkan keuntungan yang maksimal tanpa melalui pedagang perantara.

Saya berkenalan dengan seorang pemilik toko bangunan, usianya masih belum lima puluh tahun, namun ia sudah keliling dunia, dari usahanya berjualan. Perjuangannya bukan mudah, ia mulai dengan berjualan es keliling pada usia dua puluh dua tahun. Ia memiliki semangat tinggi untuk bisa memberikan nafkah bagi keluarga dan anak-anaknya. Setelah ia punya toko bangunan, hasilannya lumayan, penjualannya bisa mencapai lima belas ribu zak semen setahun. Prestasinya ini membuat ia mendapatkan hadiah dari pabrik semen hingga perjalanan ke berbagai negara. Sekarang ini ia sudah memiliki beberapa toko, dan membiayai anaknya untuk kuliah di perguruan tinggi Jakarta. Ia bercerita pada saya, dari delapan sahabatnya waktu di SMP, pergi merantau ke Jakarta, hanya dia saja yang tetap di Pontianak. Sekarang setelah waktu berlalu, saat mereka bertemu kembali, mereka mengagumi hasil kerja keras dia, sekalipun tetap di Pontianak, hidupnya jauh lebih maju dari yang lain.

Mengembangkan ketekunan berjualan pada masyarakat perlu dilakukan oleh pemerintah daerah,  bila ingin daerah memiliki kekuatan perekonomian. Memajukan perdagangan tidaklah semata-mata soal fasilitas modal dan dukungan lainnya. Paling utama dalam perdagangan adalah semangat dan ketekunan dalam berjualan itu sendiri. Dalam sebuah penelitian tentang rahasia keberhasilan berjualan yang terutama adalah semangat atau enthusiasm, dan yang kedua adalah attitude. Bila memiliki sikap-sikap yang positif maka berjualan bukanlah hal yang sulit. Saya bertanya pada pedagang Pontianak apa rahasianya bisa berhasil? Jawabannya adalah milikilah sikap yang jujur, tulus, dapat dipercaya, dan melayani untuk kesuksesan orang lain.  Mari berdagang memajukan ekonomi daerah.

Fadjar 2

Penulis Fadjar Ari Dewanto adalah Executive Director Lepmida (Lembaga Pengembangan Manajemen dan Investasi Daerah)

10 comments

  1. Thanks so much for the blog article. Much obliged.

  2. Hey, thanks for the blog article.Thanks Again. Really Cool.

  3. Enjoyed every bit of your post.Really looking forward to read more.

  4. Major thanks for the post.Really looking forward to read more. Really Great.

  5. Fantastic blog. Will read on…

  6. I really like and appreciate your blog article.Really looking forward to read more. Great.

  7. Im grateful for the article post.Thanks Again. Really Cool.

  8. Very informative blog post.Much thanks again. Will read on…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*