Kedai Kopi

Mendukung Perkembangan Usaha Guna Mensejahterakan Rakyat

(Berita Daerah – Sumatera) Usaha kecil menengah (UKM) merupakan elemen yang dapat mendorong bertumbuhnya perekonomian daerah, apalagi jika di daerah tersebut jumlah dari UKM cukup banyak.  Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dinilai mampu menangkal gejolak ekonomi pada era pasar bebas dan tahan menghadapi masa krisis.

Perkembangan UMKM di Kota Tanjungpinang didorong terus oleh Pemerintah Kota (Pemkot), sehingga upaya yang dilakukan tidak sia-sia, dalam kurun waktu 2 tahun terakhir semakin menunjukkan perkembangan yang cukup pesat.

Salah satu upaya lainnya yang dilakukan Pemkot yakni membantu para pelaku usaha UKM dalam memasarkan produknya yang sesuai dengan standarisasi.

Mengutip dari laman tanjungpinangkota.go.id, Minggu (8/1), Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Drs. Riono, M. Si baru saja meresmikan warung kopi ” Kedai Penikmat Kopi (KPK) “, yang terletak di Jalan Raja Haji Fisabillilah m. 8, Tanjungpinang. Banyak orang melayu mengistilahkan bahwa kedai kopi adalah tempat untuk berdiskusi, membicarakan banyak hal, mulai dari masalah politik, masalah sosial masyarakat, isu-isu yang sedang berkembang di masyarakat, bahkan sampai pertemuan bisnis.

Memang diakui, mengingat persaingan bisnis yang semakin ketat, maka diperlukan suatu kreativitas dan inovasi yang baru dalam pengembangan usaha, misalkan saja dalam pemilihan nama kedai Kopi. UMKM di Kota Tanjungpinang memberikan kedai kopi itu dengan KPK (Kedai Pemikat Kopi). Ini sesuatu yang baru, orang kenalnya KPK itu adalah Komisi Pemberantasan Korupsi, tetapi kedai ini punya keunikan, sehingga orang lebih mudah mengingatnya.

Riono juga mengungkapkan bahwa perkembangan usaha kecil menengah (UKM) saat ini menjadi fokus bagi pemerintah Kota Tanjungpinang, untuk terus menjaga agar geliat usaha kecil terus berkembang sehingga masyarakat bisa mandiri dan tidak tergantung kepada pemerintah, tak hanya itu, banyaknya UKM di kota ini memberi peluang pekerjaan bagi masyarakat, terlebih kepada generasi muda.

Dengan jumlah UMKM yang terus bertambah, mampu membuka tambahan lapangan pekerjaan, sehingga dapat memberdayakan masyarakat yang mampu meningkatkan pertambahan pendapatan bagi masyarakat. Dengan demikian, maka pertumbuhan perekonomian di daerah mengalami perubahan.

Lea/Journalist/BD
Editor : Lenny Ambarita
Image : BD

One comment

  1. KQv9Vk Precisely what I was looking for, thanks for posting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*