PELEBARAN JALUR WISATA BANTEN SELATAN

Pemprov Riau : Pembangunan Tol Pekanbaru – Dumai On Progres

(Berita Daerah – Sumatera) Dalam meningkatkan perekonomian daerah, pembenahan infrastruktur daerah menjadi salah satu permasalahan yang penting untuk diselesaikan.  Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi Riau merencakan pembangunan Tol Pekanbaru – Dumai yang tengah memasuki proses pengerjaan.  Dimana, penting sekali pembangunan infrastruktur jalan tol, yang menghubungkan 2 daerah serta daerah-daerah lainnya. Sementara kedua kota ini adalah kota industri dan merupakan kota besar.

Mengutip dari laman riau.go.id, Senin (9/1), sampai saat ini, pihak kontraktor pembangunan dalam hal ini Hutama Karya (HK), mulai mengerjakan fisik bangunan jalan tol pada fase satu. Ini menjadi sinyal positif untuk melajutkan rencana pembangunan infrastruktur tersebut.

Asisten II Sekretariat Daerah Provins Riau Bidang Perekonomian dan Pembangunan Masperi menilai bahwa ini merupakan sinyal positif. Sehingga pihaknya sedang  mengajukan ke Presiden Joko Widodo untuk dapat menghadiri rencana ground breaking mega proyek infrastruktur tersebut.

Adapun proses pembangunan fisik jalan bebas hambatan yakni Kota Pekanbaru, Ibukota Riau, dengan kota Pelabuhan Dumai, sepanjang 131 kilometer sudah dimulai pada minggu kedua Desember 2016. Dan diperkirakan untuk pembangunan tol ini dapat diselesaikan pada tahun 2019.  Pembangunan jalan tol yang akan dibangun ini akan menghubungkan Pekanbaru – Dumai dengan melintasi tiga kota.  Dengan begitu, beberapa daerah akan saling terkoneksi, mengalami kemudahan transportasi, sehingga tidak lagi terkendala.

Hingga saat ini, pihak Pemprov Riau masih menunggu jadwal ground breaking yang direncanakan akan langsung dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Selain melakukan ground breaking, Presiden juga dijadwalkan akan meresmikan kawasan Technopark di Kabupaten Pelalawan.   Masperi juga mengatakan bahwa kordinasi akan dilakukan dengan pihak-pihak terkait agar semua berjalan dengan lancar.

Untuk progres pengerjaan, ia menilai hal tersebut tentunya sudah menjadi pertimbangan pihak pelaksana. Sementara untuk persoalan substansi pengerjaan pembangunan jalan tol, pihak HK sudah bekerja. Pasalnya pembebasan lahan pada tahap satu sudah selesai dilakukan sehingga pengerjaan sudah bisa berjalan.  Pihak kontraktor informasinya sudah masuk dalam pengerjaan fisik, seperti pembukaan lahan dan lainnya.

Nantinya, masyarakat akan menikmati kesejahteraan, yakni dengan adanya Jalan Tol Pekanbaru -Dumai, mampu memperlancar distribusi orang dan barang, antar Pekanbaru dan Dumai. Serta mampu meningkatkan pergerakan perdagangan maupun industri yang akan semakin cepat menggeliat. Sektor-sektor yang lain akan mengalami dampak dari pembangunan jalan tol ini dan juga mendatangkan peningkatan pendapatan bagi daerah.

Lea/Journalist/BD
Editor : Lenny Ambarita
Image : BD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*