danau toba

Akses Menuju Danau Toba Makin Dipercepat, Tol Medan-KNO-Tebing Tinggi Dibuka

(Berita Daerah – Jakarta) Danau Toba merupakan salah satu destinasi wisata yang menjadi perhatian serius Pemerintah, khususnya Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menuju kawasan 10 Bali Baru yang mendapatkan prioritas pembangunan infrastruktur.

Adapun prioritas pembangunan infrastruktur meliputi ksesabilitas jalan, penyediaan akses baku, sanitasi, terus bergerak memacu pembangunan kawasan wisata. Diperkirakan akhir tahun 2017 ini, rencana tol dari Medan menuju Kuala Namu dan Tebing Tinggi sudah bisa dilewati. Ini akan membuka serta mempercepat mempercepat akses menuju ke satu dari 10 Bali Baru.

Menteri Pariwisata RI, Dr Ir Arief Yahya MSc, mengatakan bahwa selain jalur udara, yang dibangun Bandara Silangit dan Sibisa, jalur darat juga dikebut pemerintah, demikian keterangannya kepada Beritadaerah.co.id, Rabu (11/1).

Pemerintah terus berusaha untuk mewujudkan pembangunan infrastruktur menjadi salah satu bukti yang nyata pada era Kabinet Kerja Presiden Jokowi, yang nantinya ada 31 ruas tol bisa beroperasi hingga akhir tahun 2017.

Menteri Kemepar, Arief Yahya mengatakan bahwa Seluruh ruas tol tersebut tersebar pada rangkaian tol Trans Sumatera dan Trans Jawa. Tol Medan-Kualanamu (KNO)-Tebing Tinggi Seksi II hingga Seksi VII diprediksi aktif pada bulan September 2017. “Danau Toba akan semakin hidup, karena akses dan infrastruktur semakin diperkuat”, kata Arief.

PT Jasa Marga Tbk (JSMR) optimistis Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi sepanjang 61,7 km dapat beroperasi tepat waktu. Dengan progres konstruksi yang saat ini sesuai dengan rencana, Jasa Marga optimis jalan tol yang juga menjadi akses menuju Danau Toba, yang juga terkoneksi dengan Jalan Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera), ditargetkan dapat beroperasi. Jalan tol ini menghubungkan kota Medan dengan Bandara Kualanamu. Selain itu, juga akan menghubungkan kota Medan dengan kawasan industri Kuala Tanjung dan kawasan pariwisata Danau Toba, jadi sangat efektif sekali.

Saat ni, Jasa Marga memiliki hak konsesi jalan tol sepanjang 1.224 km, di mana sepanjang 593 km telah beroperasi dan sisanya sepanjang 631 km akan dioperasikan secara bertahap sampai dengan tahun 2020.

Kepala Badan Pelaksana Otorita Pengelola Kawasan Pariwisata Danau Toba, Arie Prasetyo menyatakan kegembiraannya karena untuk menuju Danau Toba akan lebih mudah karena semua akses akan terbuka, diperkirakan selesai pada pada Kuartal I yakni di awal tahun 2019. Dengan adanya tol tersebut, perjalanan menuju Danau Toba dari berbagai keberangkatan bisa lebih cepat 1 hingga 2 jam.

Selain jalan tol, nanti juga menuju Danau Toba bisa menggunakan kereta, maka koordinasi berbagai pihak terkait dari unsur pemerintah pusat, pemerintah daerah, pelaku pariwisata, industri hingga investor yang akan mendukung pengembangan Danau Toba.

Langkah aktivasi jalur kereta dari Medan ke Pematang Siantar 127 kilometer via Lubuk Pakam dan Tebing Tinggi juga segera diaktivasi. Saat ini, terdapat jalur kereta api lama dari Medan-Siantar yang berada di bawah pengelolaan Divisi Regional I (Sumatera Utara dan Aceh). Di jalur tersebut saat ini beroperasi kereta Siantar Express dengan frekuensi satu kali setiap hari. “Jika jalur ini diteruskan ke Parapat, maka bisa menjadi alternatif akses ke Danau Toba dari Medan dan Kualanamu. Itu akan sangat mungkin karena jaraknya tinggal 40 km lagi.

 Lea/Journalist/BD
Editor : Lenny Ambarita
Image : BD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*