Peningkatkan Koneksi Penerbangan di Kaltara, Maskapai Menambah Armada Baru

(Berita Daerah – Kalimantan) Kalimantan Star (Kalstar) akan menambah armada baru terkait adanya peningkatan koneksi penerbangan ke Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara). Sementara jumlah penerbangan ke Kaltara akan terus bertambah, serta pembangunan infrastruktur di wilayah perbatasan sangatlah penting.

Mengutip dari laman kaltaraprov.go.id, Rabu (11/1), Wakil Gubernur (Wagub) Kaltara H Udin Hianggio mengatakan bahwa sesuai arahan Gubernur Kaltara, maka sebagai Wagub berharap kedepanya Kalstar akan menambah armada baru yang nanti penerbangannya dengan menggunakan pesawat ATR 72 untuk menerbangkan pesawat tersebut dari Tanjung Selor ke Balikpapan.

Memang saat ini, Kalstar merencanakan melakukan lompatan besar dalam menangani penerbangan di Kalimantan khususnya di Kaltara. Sehingga, akses penerbangan ke Kaltara akan menjadi lebih terbuka dan mampu memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam menggunakan transportasi udara.

Rute Kaltara dulunya masih dari Tanjung Selor ke Samarinda, tetapi saat ini Kalstar sudah membuka koneksi dari Tanjung Selor ke Balikpapan, dengan harapan dengan adanya penambahan rute penerbangan ini akan memberikan kemajuan bagi Kaltara.

Udin mengatakan bahwa disamping itu, dengan adanya jalur koneksi penerbangan pesawat dibuka, maka jumlah penerbangan akan mengalami peningkatan dan berdampak pada bertambahnya jumlah penumpang.

Adanya peningkatan pada transportasi udara, apalagi rencananya akan dilanjutkan koneksinya dari Balikpapan ke Surabaya atau ke Jakarta, maka akan berdampak pada geliat pertumbuhan perekonomian Kaltara. Walaupun Kaltara merupakan provinsi baru, tetapi untuk pertumbuhan perekonomian telah menunjukkan adanya perubahan yang semakin membaik.

Jika diperhatikan, saat ini, landasan pacu (runway) Bandara Tanjung Harapan dengan panjang 1400 meter, dan rencananya di tahun 2017 secara teknis, akan dikembangkan lagi dengan memperpanjang runway menjadi 1600 meter. Ini akan mempermudah bagi pesawat jet embraer milik Kalstar saat landing di Tanjung Selor dengan muatan penumpang sebanyak 120 lebih orang.

Nantinya, dengan adanya penambahan rute baru penerbangan Kalstar dan meningkatnya jumlah penumpang yang berkunjung ke Kaltara berdampak terbukanya lapangan pekerjaan, sehingga dapat meningkatkan penghasilan rakyat. Selain itu, membukanya juga investasi yang akan masuk sejalan dengan penambahan rute penerbangan, penambahan runway serta industri jasa terkait pengembangannya.

Lea/Journalist/BD
Editor : Lenny Ambarita
Image : Kaltaraprov

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*