ParlemenKorsel_1

Parlemen Korsel Tingkatkan Kerjasama Perdagangan dan Investasi di Indonesia

(Berita Daerah – Jakarta) Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan, bahwa Korea Selatan (Korsel) merupakan salah satu mitra penting Indonesia. Bahkan, kalau dilihat dari sisi perdagangan dan investasi kelihatan sekali bahwa Korea Selatan merupakan mitra yang sangat penting bagi Indonesia.

“Selain kerja sama di bidang ekonomi, perdagang, investasi, Presiden juga menyampaikan bahwa kerja sama di bidang-bidang lainnya itu juga meningkat dengan baik,” kata Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi kepada wartawan usai mendampingi Presiden Jokowi menerima delegasi parlemen Korsel, di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (12/1) pagi.

Diakui Presiden Jokowi, terjadi penurunan dalam kerja sama antara Korsel dan Indonesia di bidang perdagangan dan investasi. Namun penurunan ini tidak terlepas dari situasi ekonomi dunia yang masih belum pulih kembali.

Oleh karena  itu, lanjut Menlu Retno Marsudi, Presiden meminta dukungan dari Parlemen untuk kiranya kedua negara dapat terus meningkatkan hubungan di bidang perdagangan dan investasi.

Sementara dari pihak Korsel, menurut Menlu, Ketua DPR Chung Sye-Kyun menganggap Indonesia merupakan salah satu mitra penting bagi Korea Selatan.

“Bagi Korea Selatan, Indonesia dinilai sebagai negara besar, pemain besar di ASEAN dan memberikan kontribusi banyak bagi berbagai macam isu di dunia internasional,” terang Menlu.

Indonesia juga dianggap sebagai negara yang kuat di Asia Tenggara namun juga di dunia. “Masyarakat Korea sangat memperhatikan Indonesia dan sangat suka dengan Indonesia,” kata Chung.

Untuk itu, Ketua Parlemen juga menyampaikan bahwa selain perdagangan dan investasi, dukungan lain juga akan diberikan untuk upaya-upaya yang akan lebih mendekatkan hubungan antara kedua negara.

“Jadi intinya, bicara mengenai masalah perdagangan dan investasi, upaya untuk meningkatkan hubungan dari parlemen, karena ini dari Parlemen kedua negara untuk terus meningkatkan hubungan,” pungkas Menlu.

Delegasi parlemen Korea Selatan yang hadir dalam pertemuan itu adalah Ketua DPR Chung Sye-kyun (jurubicara), dengan anggota parlemen yaitu: Kim Gwang-Lim, Chang Jung-sook, Kim Cheol-min, Shin Dong-kun, Park Joo-hyun, dan Park Kyung-mee, Kin Chung-woo. Selain itu hadir pula Duta Besar Republik Korea untuk Indonesia Choo Tai-young.

Panda/Journalist/BD
Editor : Agustinus Purba
Image  : setkab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*