Pontianak Membangun Smart City

(Berita Daerah – Kalimantan) Beberapa anak muda yang berpikiran maju mengembangkan kota Pontianak dengan applikasi TRIPY yang bisa di download di play store ponsel android. Tentu ini mengejutkan, bahwa pengembangan teknologi cukup maju di Pontianak. Penggunaan applikasi seperti ini merupakan salah satu komponen untuk sebuah kota bertumbuh menjadi Smart City. Kota yang dikenal dengan kota Katulistiwa ini menjadi pasar yang menarik untuk penerapan teknologi informasi dan komunikasi. 554.764 jiwa penduduknya sebagian besar sudah menggunakn ponsel pintar yang bisa dihubungkan untuk berbagai kebutuhan informasi.

Media Pontianak menyuguhkan berita bahwa Pontianak merupakan kota pertama di Kalimantan yang mengimplentasikan Smart City.  Pontianak membentuk Pontianak Digital Stream (PDS) sebagai wadah bagi masyarakat Pontianak yang ingin bersama-sama mewujudkan Ekosistem Teknologi Informasi sebagai yang utama dalam Smart City. Hermawan Direktur PDS, memiliki semangat untuk mengembangkan kota Pontiankan menjadi kota yang memiliki teknologi informasi yang canggih.

Saat ini Pontianak masih menata konsepnya, namun penerapan TRIPY merupakan contoh bagaimana kota Katulistiwa ini menghubungkan masyarakatnya melalui teknologi, namun ini baru satu komponen dari Smart City yaitu Smart Mobility. Memang Smart City bertujuan melakukan pengelolaan kota dengan teknologi informasi, Pontianak memulai juga untuk pemerintahannya dengan Smart Government. Awal dari Smart Government bukanlah dijalankannya applikasi layanan masyarakat. Pembenahannya perlu dilakukan melalui document management , bila hal ini dapat dilakukan dalam pemerintahan makan sebenarnya akan lebih mudah melakukan data management. Bila pengelolaan data sudah rapih dilakukan tambahan hal yang lain diatasnya menjadi kuat, keperluan layanan masyrakat bisa dikelola melalui e-form, hingga dash board seluruh layanan masyarakat dapat rapih terstruktur memudahkan pengelolaan dan penataan kota.

Di era digital ini keputusan Pontianak untuk membangun Smart City merupakan keputusan yang tepat, sebab sebuah kota akan tertinggal bila tidak melakukannya, seperti moto Pontianak sendiri Smart City need Smart People demikian juga dukungan masyarakat Pontianak sangat diperlukan untuk pelaksanaannya.

Fad/Journalist/BD
Editor : Lenny Ambarita
Image :BD

4 comments

  1. I have recently started a website, the information you provide on this site has helped me greatly. Thank you for all of your time & work. “The very ink with which history is written is merely fluid prejudice.” by Mark Twain.

  2. Hello, Neat post. There’s an issue together with your website in web explorer, may check this¡K IE still is the marketplace leader and a large section of other folks will leave out your great writing because of this problem.

  3. Good website! I really love how it is easy on my eyes and the data are well written. I am wondering how I could be notified when a new post has been made. I have subscribed to your feed which must do the trick! Have a great day!

  4. Pretty nice post. I just stumbled upon your blog and wanted to say that I’ve really enjoyed surfing around your blog posts. In any case I will be subscribing to your feed and I hope you write again soon!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*