Perusahaan Perancis Minati Potensi Investasi di Bandung, Jawa Barat

(Berita Daerah – Jawa) Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, Jawa Barat menerima delapan perwakilan perusahaan multinasional asal Perancis yang didampingi oleh Wakil Duta Besar Perancis di Jakarta Charles-Henri Brosseau. Perwakilan tersebut melakukan pertemuan dengan Walikota Bandung M. Ridwan Kamil, untuk menjajaki potensi kerja sama di berbagai bidang.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Ruang Rapat Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, hari ini Rabu, (01/02), satu persatu mereka mempresentasikan profil perusahaan di hadapan Walikota dan beberapa perwakilan satuan kerja perangkat daerah terkait.

Kedelapan perusahaan yang hadir antara lain Suez, Vinci Energies, 3DExperience, CNIM, Parkeon, RATPDev Transdev ASIA (RDTA), AFD, dan Engie.

Mengutip laman jabarprov.go.id, Rabu (1/2), Wakil Duta Besar Perancis Charles-Henri Brosseau mengatakan, kehadiran mereka selaras dengan apa yang tengah dijalankan oleh Kota Bandung, yakni peningkatan kualitas infrastruktur berbasis teknologi untuk pelayanan publik.

“Kami mengenal Bandung sebagai kota berbasis smart city dan telah ditetapkan UNESCO sebagai kota desain dan tengah mengembangkan infrastruktur di berbagai bidang, seperti transportasi, telekomunikasi, energi, dan lain-lain,” ucapnya.

Kedatangan para pengusaha tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara City of Tomorrow Bandung yang digagas oleh Business France, lembaga nasional Perancis yang mendukung perkembangan ekonomi internasional negara tersebut.

Mereka akan melaksanakan diskusi kerja sama dengan berbagai SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Bandung yang terangkum dalam 3 bidang, yakni mobilitas (mobility), keamanan (security), dan kota yang berkelanjutan (sustainable city).

Menurut data dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), realisasi investasi 2016 negara Perancis di Indonesia menduduki peringkat 22 dengan nilai investasi sebesar US$ 109 juta. Sedangkan Provinsi Jawa Barat menduduki urutan teratas realisasi Penanaman Modal Asing (PMA) di Indonesia sepanjang tahun 2016, dengan nilai US$ 5.460,9 juta. Dengan pertemuan perusahan Perancis dengan Pemerintah Kota Bandung, menunjukan minat investor Eropa ke daerah-daerah di Indonesia masih tinggi.

Yohan/Journalist/BD
Editor : Lenny Ambarita
Image : Jabarprov

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*