Menko Perekonomian : Instrumentasi Kebijakan Ekonomi Guna Tingkatkan Pertumbuhan Indonesia

(Berita Daerah – Jakarta)  Bank Dunia memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2017 bisa mencapai 5,3 persen, meningkat dari tahun lalu sebesar 5,1 persen. Gejolak finansial global, dapat berpotensi meningkatkan atau melemahkan pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini.

Menanggapi arus perlambatan dunia, pemerintah tengah mempersiapkan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas. Upaya menciptakan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas sudah dapat terlihat dalam 2 tahun terakhir ini. Hal tersebut disampaikan oleh Menko Perekonomian Darmin Nasution saat membuka acara Seminar Publik Paradigma Baru Kebijakan Ekonomi Indonesia di Jakarta.

“Tingkat kemiskinan baik di daerah perkotaan maupun pedesaan berada pada kisaran 10,7% pada September 2016 atau menurun dari Maret 2016 yang mencapai 10,86%,” ungkap Darmin yang dikutip dalam ekon.go.id, Rabu (8/2).

Kendati berada ditengah berbagai capaian positif, perekonomian negara saat ini masih menghadapi tantangan dari dalam negeri. Maka dari itu pemerintah terus menggencarkan berbagai upaya, khususnya melalui pembangunan infrastruktur, reformasi kebijakan berupa deregulasi dan debirokratisasi serta memajukan kebijakan sektor dalam daerah kawasan industri.

Sebagai tambahan kedepannya pemerintah juga telah memantapkan pelaksanaan Kebijakan Ekonomi Pemerataan guna mendorong ekonomi berasaskan demokrasi dan berbasis ekonomi pasar yang berkeadilan serta mencegah terjadinya potensi konflik sosial.

Hal ini dipertegas Menko Perekonomian Darmin yang menyatakan bahwa pemerintah akan terus memajukan platform kebijakan ekonomi guna peningkatan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Dengan beberapa inisiatif kebijakan yang datang kita terus berusaha supaya pertumbuhan kita di tahun 2017 bergerak di angka 5,2%-5,4%. Dengan ini jika kita berharap mencapai 6% di tahun depan masih masuk akal,” ujar Darmin.

Dengan  kembali naiknya harga-harga komoditas di pasar dunia dan reformasi iklim investasi yang dilakukan oleh pemerintah, maka diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Yohan/Journalist/BD
Editor : Lenny Ambarita
Image : Ekon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*