PUPR

BPIW : Pembangunan Tol Cigatas dapat Percepat Pengembangan Jawa Bagian Selatan

(Berita Daerah – Jawa) Pengembangan infrastruktur di wilayah Jawa bagian selatan, telah menjadi perhatian pemerintah dalam hal ini Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). BPIW mendukung pengembangan infrastruktur di wilayah tersebut, hal ini diungkapkan Kepala BPIW Rido Matari Ichwan saat menerima kunjungan kerja Rektor Universitas Siliwangi Tasikmalaya, Prof Rudi Priyadi  dan Manusia Unggul Bawalaksana (Maung) Foundation di Kantor BPIW, Jakarta, Rabu (8/2).

Rido mengatakan, BPIW mendukung pengembangan infrastruktur di wilayah Jawa bagian Selatan, salah satunya dengan rencana pengembangan jalan tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas). Ke depan pembangunan jalan tol Cigatas tersebut akan tersambung sampai Yogyakarta.

“Saat ini untuk jalan nasional sudah ada yang menghubungkan Cileunyi-Garut-Tasikmalaya sampai Yogyakarta. Ke depan perlu dibangun jalan tol sebagai jalan alternatif yang dapat mendukung percepatan pengembangan di wilayah Jawa bagian selatan,” kata Rido yang dikutip laman pu.go.id, Kamis (9/2).

Syarat utama dalam percepatan pengembangan wilayah adalah tersedianya infrastruktur. Pengembangan infrastruktur yang mewujudkan konektivitas kata Rido. Beberapa rencana pengembangan infrastruktur PUPR akan disiapakan pada kawasan Jawa bagian selatan yang salah satunya dapat mendukung pengembangan Tasikmalaya dan sekitarnya.

Rido menyatakan, saat ini Kementerian PUPR mengembangkan infrastruktur dan wilayah menggunakan metoda berbasis wilayah atau Wilayah Pengembangan Strategis (WPS) yang terbagi menjadi 35 WPS seluruh Indonesia. Pola pengembangan WPS ini diterapkan merupakan upaya mengatasi ketimpangan pembangunan, membangun konektivitas serta merespon permasalahan-permasalahan pembangunan wilayah dan kota yang muncul.

Sementara itu, Rektor Universitas Siliwangi, Prof Rudi Priyadi mengatakan, Universitas Siliwangi dan Maung Foundation akan melakukan berbagai langkah-langkah yang diperlukan agar tercipta kesadaran dan persepsi dari masyarakat Tasikmalaya mengenai perlunya pengembangan infrastruktur dan wilayah.

Rudi menerangkan, pada tahap awal Unsil, Maung Foundation dan BPIW Kementerian PUPR dapat mengelar lomba menulis ilmiah mengenai Pembangunan Tasikmalaya Menuju 2045. “Lomba tersebut ditujukan untuk masyarakat luas. Dimana juara utamanya nanti dapat dipresentasikan dalam seminar nasional, yang didalamnya ada para pakar perkotaan dan lainnya,” terang Rektor.

Rudi mengatakan, seminar tersebut salah satunya ditujukan untuk para memangku kepentingan di Tasikmalaya dan sekitarnya, agar pemahaman mengenai pengembangan infrastruktur dan wilayah dapat terbarukan.

Dalam pertemuan tersebut juga dilakukan penandatanganan Mou antara Unsil dan Maung Foundation untuk dapat mewujudkan percepatan pengembangan di kawasan Tasikmalaya dan sekitarnya.

Yohan/Journalist/BD
Editor : Lenny Ambarita
Image : PU

6 comments

  1. Hey there! I’ve been reading your website for a long time now and finally got the bravery to go ahead and
    give you a shout out from Dallas Texas! Just
    wanted to say keep up the fantastic job!

  2. Há uma extensa discussão , nos dias de hoje, sobre modismo , que
    essas doenças são a bola da vez”… Que muitas infantes
    erradamente educadas”, sem limites , recebem esse diagnóstico, até por pressão dos pais que, por não saberem que fazer, ou como agir, com guris mas difíceis, preferem que sejam medicadas….

  3. I’m gone to сonvey my little brother, that he should also visit this web site on regᥙlar basis to ǥet
    updated fгom latest reports.

  4. Dailus Color lança linha de esmaltes.

  5. Link exchange is nothing else but it is simply placing the other person’s weblog
    link on your page at proper place and other person will also do similar in favor of you.

  6. Fabulous, what a website it is! This web site gives valuable data to us, keep it up.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*