RENOVASI STASIUN KERETA API
RENOVASI STASIUN KERETA API

Kemenhub Dorong Distribusi Logistik di Sumatera Menggunakan Kereta Api dan Kapal

(Berita Daerah – Jakarta) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus berupaya mengembangkan infrastruktur perhubungan baik melalui angkutan kereta api dan kapal ro-ro untuk mendukung distribusi logistik di Pulau Sumatera yang saat ini masih didominasi oleh truk untuk mengangkut barang.

Kondisi jalur jalan lintas Sumatera sepanjang lebih dari 2.450 kilometer dari Aceh hingga Lampung, yang biasa dilintasi truk pembawa angkutan barang belum mampu mendukung distribusi logistik. Selain masih banyak jalan yang rusak dan rawan kecelakaan, kendala yang dihadapi truk-truk pengangkut barang yaitu adanya beberapa laporan terkait premanisme. Hambatan-hambatan tersebut mengakibatkan biaya ekonomi tinggi yang berdampak pada tingginya harga barang.

Mengantisipasi kondisi tersebut, Kemenhub menawarkan solusi pengangkutan dengan moda kereta api dan angkutan dengan kapal, untuk memindahkan sebagian beban angkutan barang tersebut dari jalan. “Memang angkutan barang dengan kereta api dan kapal tidak selugas angkutan barang melalui jalan, karena baik angkutan dengan kereta api maupun kapal terikat jadwal yang ketat dan jangkauannya masih terbatas pada wilayah tertentu yang tersedia infrastrukturnya ”, kata Menhub Budi Karya Sumadi di Jakarta, Senin (27/2).

Menhub menjelaskan, Kementerian Perhubungan mengembangkan sistem transportasi dan infrastuktur yang terkait dengan angkutan barang di Sumatera. Di sektor perkeretaapian, pemerintah memiliki rencana membentangkan rel kereta api dari Banda Aceh sampai Lampung, yaitu dari Bireun-Lhokseumawe-Langsa-Besitang hingga ke Rejosari/Km3-Bakauheni. Total panjang jalur kereta api Sumatera mencapai sekitar 1.400 km. Sebagian dari infrastuktur kereta api tersebut sudah ada, ujar Menhub.

Jalur kereta api di Sumatera yang telah ada, yaitu lintas Sumatera Selatan sampai Lampung. Sementara yang tengah dibangun saat ini, menyambungkan lintas kereta api dari Aceh sampai dengan Medan – Sumatera Utara; reaktivasi jalur KA lintas Binjai-Besitang sepanjang 85 km. Demikian juga reaktivasi jalur kereta api di Sumatera Barat, yaitu jalur lintas Padang Panjang-Bukit Tinggi-Payakumbuh; Pariaman-Naras-Sungai Limau; dan Muaro Kalaban-Muaro.

Saat ini angkutan barang yang sudah rutin diangkut menggunakan kereta api di Sumatera yaitu Batu Bara, BBM, Semen, CPO (Minyak Sawit). Tingkat keterisian (load factor) angkutan barang melalui kereta api selama tahun 2016 tercatat, sebanyak 24,45 juta ton atau 77,33 %, masih tersedia peluang angkutan sebesar 29 juta ton.

“Tingkat keterisian kereta di Sumatera saat ini masih rendah, untuk itu saya mau bicara dengan PT. KAI untuk meningkatkan tingkat keterisiannya,” ungkap Menhub.

Sementara, pada penggunaan angkutan barang melalui kapal, dalam hal ini kapal ro-ro, Menhub Budi mengungkapkan akan memanfaatkan kapal ro-ro, seperti yang tengah dikembangkan di lintas penyeberangan Pelabuhan Panjang, Lampung – Tanjung Priok, Jakarta dan ke depan akan dilanjutkan ke Pelabuhan Semarang dan Pelabuhan Surabaya.

“Untuk Sumatera, saya akan minta kapal roro untuk menghubungkan Sumatera Bagian Selatan ke Sumatera bagian Utara. Tentunya ini butuh dukungan semua pihak,” jelas Menhub.

Menhub mengimbau kepada para pemilik barang untuk tidak ragu-ragu menggunakan angkutan kapal untuk mengangkut barang, lantaran dari sisi biaya lebih ekonomis dan lebih efisien daripada melalui jalan.

Ke depan Menhub berencana akan membuat konsep serupa di kota-kota lain, yaitu mulai dari Pelabuhan Panjang-Jakarta-Semarang-Surabaya-Padangbai-Lembar sebagai pilot project.

Panda/Journalist/BD
Editor : Agustinus Purba
Image : Kemenhub

3 comments

  1. An outstanding share! I have just forwarded this onto a coworker who had been doing a
    little research on this. And he actually bought me lunch due to the fact that I found it for him…
    lol. So allow me to reword this…. Thank YOU for the meal!!
    But yeah, thanx for spending some time to discuss this topic here on your web site.

  2. I am extremely impressed with your writing
    talents and also with the format to your weblog. Is this
    a paid theme or did you modify it yourself? Anyway stay up the excellent
    high quality writing, it’s rare to look a nice blog like this one nowadays..

  3. I have been surfing online more than three hours today, yet
    I never found any interesting article like yours.
    It’s pretty worth enough for me. In my view, if all site owners and bloggers made good content as you did, the web will be much more useful than ever
    before.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*