Pendapatan Kaltim Masih Bergantung Ekspor Migas

(Berita Daerah – Kalimantan) Perekonomian di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) masih tergolong membaik, hal ini dikarenakan kegiatan ekspor masih terus bergejolak  dengan banyaknya permintaan komoditas seperti bahan migas dan non migas.  Memang sumber pendapatan Provinsi Kaltim masih tergantung pada besarnya kegiatan ekspor, yang mana kegiatan ekspor merupakan komponen terbesar di antara pendapatan lainnya, khususnya untuk ekspor minyak dan gas bumi (migas) serta batubara.

Mengutip dari laman kaltimprov.go.id, Selasa (14/3), Sekretaris Provinsi Kaltim Dr H Rusmadi mengatakan hal tersebut pada Rakor Bappeda se-Kaltim dalam rangka penyusunan RKPD Tahun 2018 di Balikpapan selasa mingu lalu. Rumadi mengatakan bahwa kontribusi kegiatan ekspor tersebut terhadap pergerakan ekonomi Kaltim mencapai 50 persen dari keseluruhan komponen pendapatan daerah.

“Jadi kalau rumah tangga berpenghasilan cukup dan melakukan transaksi sehari-hari maka ekonomi terjaga. Namun konsumsi rumah tangga nasional berbeda dengan Kaltim yang tidak sampai 20 persen. Sisanya masih ditopang ekspor impor dan investasi,” ungkap Rusmadi.

Dan sebagian besar produk migas diekspor ke wilayah Jepang. Sementara produk non migas, terutama batu bara banyak diekspor ke wilayah India.  Walaupun sumber pendapatan masih bergantung kepada migas dan batubara, tetapi Pemprov Kaltim terus berupaya untuk memacu pertumbuhan perekonomian daerah melalui kegiatan pertanian dalam arti luas sebagai lokomotif ekonomi Kalimantan Timur dengan optimalisasi pengelolaan sumber daya alam baru terbarukan.

Khususnya untuk pengembangan sub sektor pertanian tanaman pangan dan hortikultura, kelautan dan perikanan, peternakan dan perkebunan termasuk kehutanan (HTI). Dengan begitu, sektor-sektor unggulan terus bertumbuh, sehingga membuka peluang bagi investor untuk membantu mendanainya. Tidak hanya lapangan kerja yang terbuka, karena masuknya investasi tetapi hidupnya industri-industri kecil dalam mendukung kegiatan perekonomian yang kini terus berkembang.

Lea/Journalist/BD
Editor : Lenny Ambarita
Image : BD

 

One comment

  1. Thanks for your personal marvelous posting! I truly enjoyed reading it, you are a great author.I will be sure to bookmark your blog and definitely will come back later in life. I want to encourage you continue your great work, have a nice evening!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*