3 (2)

Menperin : Pabrik Transformator Terbesar di Asia Tenggara Beroperasi di Cikarang

(Berita Daerah – Jawa) Dalam Peresmian Pabrik Transformator Tenaga PT XD Sakti Indonesia di Cikarang, Jawa Barat, Rabu (15/3), Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menjelaskan bahwa Kementerian Perindustrian memprioritaskan pengembangan industri penunjang pembangkit listrik di Indonesia. Selain mampu tumbuh melampaui pertumbuhan ekonomi, sektor ini juga amat potensial mengingat kebutuhan pasokan energi dalam negeri yang makin besar.

“Industri penunjang pembangkit listrik harus dapat mendukung pemenuhan kebutuhan energi yang diperlukan dalam peningkatan nilai tambah produksi,” ujar  Airlangga Hartarto yang dikutip laman kemenperin.go.id, Rabu (15/3).

Menperin menyampaikan, Indonesia saat ini telah masuk dalam jajaran 10 besar negara yang industrinya memberikan kontribusi terhadap nilai tambah dunia. Pemenuhan kebutuhan energi mutlak diperlukan untuk mempertahankan posisi tersebut.

Beroperasinya pabrik PT XD Sakti Indonesia yang memproduksi transformator tenaga bertegangan 70-500 kilo volt (kV) diharapkan dapat berkontribusi dalam transmisi dan distribusi tenaga listrik. Saat ini, jelas Menperin, sebagian besar kebutuhan transformator dengan ukuran tersebut masih diimpor.

Dengan kemampuan industri nasional dalam memproduksi komponen, mulai dari trafo, transmisi hingga kabel, maka kebutuhan penunjang untuk program pembangkit listrik 35.000 Mega Watt yang diikuti dengan program transmisi 46.000 kilometer diharapkan bisa sepenuhnya diproduksi di dalam negeri.

Menperin berharap, diresmikannya pabrik ini memberikan kesempatan penyerapan tenaga kerja yang lebih banyak dan ikut andil dalam peningkatan pengembangan SDM. Menperin pun mengapresiasi program pelatihan SDM yang dilakukan PT. XD Sakti Indonesia, baik di dalam negeri maupun dengan mengirimkan tenaga kerja ke Tiongkok. “Salah satu cara menguatkan industri Indonesia adalah lewat pengembangan SDM,” paparnya.

Pabrik yang diresmikan hari ini memiliki kapasitas produksi sebesar 10.896 MVA per tahun, yang menjadikannya pabrik transformator tenaga terbesar di Asia Tenggara. PT. XD Sakti Indonesia merupakan joint venture antara BUMN XD Group China dan Central Cipta Murdaya (CCM) Group dengan investasi yang saat ini telah mencapai USD 80 Juta.

Di tahap pertama, pabrik dengan luas area mencapai 81.000 meter persegi ini memproduksi beragam jenis transformator dari 70kV hingga 500 kV. Sedangkan di tahap selanjutnya, akan memproduksi Gas Insulated Switchgear (GIS).

Sementara itu Chairman CCM Murdaya W. Poo akan terus memenuhi kebutuhan transformator di dalam negeri . Dengan beroperasinya pabrik ini nantinya mampu memproduksi trafo hingga 1000 kV karena fasilitasnya siap. Pabrik ini bisa memproduksi lebih dari 100 unit setahun, Disampaikannya, PT. PLN (persero) telah melakukan pemesanan dari perusahaannya sejumlah 17 unit trafo bertegangan 500 kV dan 44 unit trafo 1050 kV.

Yohan/Journalist/BD
Editor : Lenny Ambarita
Image : Kemenperin

2 comments

  1. First of all I would like to say great blog! I had a quick question in which I’d
    like to ask if you do not mind. I was interested to know how you center
    yourself and clear your head before writing. I have had a tough time clearing my thoughts in getting
    my thoughts out. I truly do enjoy writing however it just seems like the first 10 to 15 minutes are wasted simply just trying to figure out
    how to begin. Any recommendations or hints? Many thanks!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*