Jember Menjadi Proyek Percontohan UKM Berorientasi Ekspor

(Berita Daerah – Jawa) Dalam kunjungan kerjanya di Jember, Jawa Timur, Kamis (16/3), Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menegaskan Kabupaten Jemberakan menjadi proyek percontohan usaha kecil menengah (UKM) yang berorientasi ekspor. Pemerintah juga akan hadir dengan cara membuka pasar di dalam negeri dan di luar negeri untuk menjamin agar hasil produksi para petani dapat terserap.

“Pemerintah menaruh perhatian pada Kabupaten Jember karena memiliki hasil-hasil alam yang berpotensi menjadi komoditas unggulan. Berbagai komoditas dari Jember seperti edamame, kopi, kakao, dan beras organik juga sedikit persaingannya di pasar dunia,” ungkap Menteri Perdagangan (Mendag) dalam siaran persnya kepada media.

Mendag bahkan menegaskan akan membantu UKM agar dapat memperluas pasarnya di dalam maupun di luar negeri dan Pemerintah menaruh perhatian penting agar UKM dapat berjaya di tingkat lokal, nasional, maupun internasional.

Menurut Mendag, Kementerian Perdagangan, Bupati Jember, dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur sepakat untuk membuat daftar dan memilah UKM-UKM yang sudah siap untuk memasuki pasar ekspor dan yang baru siap di pasar domestik. Untuk menghadapi pasar ekspor, UKM harus siap dan akan  dibantu mempersiapkan kemasannya serta membukakan pasar ekspornya.

Selanjutnya, kata Mendag, ada dua hal yang harus diperhatikan, pertama adalah kualitas dan konsistensi kualitas produk tersebut. Kedua, konsistensi produksi dari produk-produk itu sendiri. Mendag juga menekankan komitmennya untuk memperkuat UKM.

Penguatan UKM di dalam negeri bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi menjadi berkualitas dan merata yang nantinya juga dapat memperkuat dan menjaga pasar domestik. Kemendag mengemban perintah Presiden Jokowi untuk membuka pasar-pasar baru di Afrika, Pakistan, Bangladesh, Srilanka, serta di kawasan Asia Selatan, Amerika Latin dan Timur Tengah.

Yohan/Journalist/BD
Editor : Lenny Ambarita
Image : Kemendag

4 comments

  1. It is the best time to make some plans for the future and it is time to be happy. I have read this post and if I could I wish to suggest you some interesting things or suggestions. Perhaps you can write next articles referring to this article. I desire to read even more things about it!

  2. But wanna state that this is handy , Thanks for taking your time to write this.

  3. You are my breathing in, I have few blogs and very sporadically run out from to brand.

  4. I loved as much as you will receive carried out right here. The sketch is tasteful, your authored subject matter stylish. nonetheless, you command get got an edginess over that you wish be delivering the following. unwell unquestionably come more formerly again as exactly the same nearly very often inside case you shield this increase.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*