Gubernur Jabar Mengajak Masyarakat Budayakan Kopi Sehat Tanpa Gula

(Berita Daerah – Jawa) Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) mengelar acara #NgopiSaraosna Vol. 1 yang diadakan di halaman Gedung Sate, Jalan Diponegoro Bandung, Jawa Barat, Minggu (19/3). Hadir sebanyak 40 pegiat kopi yang terdiri dari petani dan produsen kopi Jabar memeriahkan gelaran ini.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) beserta istri, Netty Heryawan, dan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar turut ambil bagian dalam menikmati orisinil kopi Jabar. Sedikitnya 4000 pengunjung yang dimanjakan lidahnya bersama dengan para asisten daerah dan kepala dinas di lingkungan Pemprov Jabar.

Dalam kesempatan ini, Aher, tak henti-hentinya memuji kenikmatan kopi asal Jawa Barat yang mendapatkan predikat sebagai kopi terbaik di dunia, kopi Java Preanger dari Gunung Puntang. Aher juga tercatat sebagai salah satu pencinta kopi Jawa Barat ini.

Mengutip laman jabarprov.go.id, Minggu (19/3), Gubernur Jawa Barat menyampaikan bahwa kopi yang benar itu adalah digiling, bukan digunting. Kopi yang benar itu dari biji kopi yang sudah dikeringkan lalu digiling menjadi bubuk kopi dan setelah itu disedu dengan air panas dan diminum tanpa menggunakan gula. Sedangkan kopi di gunting adalah kopi dalam kemasan “sachet” yang sudah dicampur gula yang tidak baik untuk kesehatan.

Jadi, kalau kita ingin minum kopi yang baik dan memiliki nilai kesehatan, maka minumlah kopi bubuk yang asli dari biji kopi yang matang, disedu dengan air panas dan tanpa menggunakan gula, ujar Aher.

Kopi yang diminum seperti itu, niscaya akan menghasilkan kebaikan bagi kesehatan tubuh, misalnya dapat memperlancar aliran darah karena syaraf-syarafnya menjadi tidak tersumbat, menyehatkan jantung, dan dapat memperhalus kulit wanita, tetapi sebaliknya bila mengkonsumsi kopi yang digunting yang sudah dicampur gula, maka akan menimbulkan berbagai penyakit, diantaranya penimbunan gula, jelas Gubernur.

Menutup sambutannya, Gubernur Aher mengajak masyarakat untuk budayakan minum kopi asal Jawa Barat. Kopi sehat, jangan ada gula diantara kita. Dalam acara ini dibagikan kopi tubruk bercitarasa khas lahan masing-masing dengan gratis kepada pengunjung yang kebanyakan adalah para pecinta kopi.

Yohan/Journalist/BD
Editor : Lenny Ambarita
Image : Jabarprov

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*