pelabuhan barang Pontianak

Menhub : Pelabuhan Kijing Mempawah Segera Dibangun Tahun Ini

(Berita Daerah – Kalimantan) Dalam kunjungan di lokasi pembangunan Pelabuhan Kijing, Jumat (17/3), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta Pelindo segera memulai pembangunan internasional Pelabuhan Kijing di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat (Kalbar) agar bisa dioperasikan.

Sebelumnya PT Pelindo II (Persero) telah menargetkan pada tahun 2017 akanĀ memulai pembangunan Pelabuhan Internasional tahap pertama di Pantai Kijing dengan nilai investasi sekitar Rp 5,6 triliun. Pelabuhan ini berada di Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah.

Pelabuhan Kijing diproyeksikan akan menjadi hub bagi dua pelabuhan di Kalbar yaitu Pelabuhan Pontianak dan Pelabuhan Sintete di Kabupaten Sambas.

“Saya harap ground breaking bisa mulai dilakukan bulan Agustus tahun ini, sehingga diharapkan sudah mulai beroperasi pada 2019,” jelas Budi yang dikutip laman dephub.go.id, Sabtu (18/3).

Menhub mengatakan, Pelabuhan Kijing nantinya memiliki kapasitas hingga 2 juta Teus. Kapasitas tersebut mendekati pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, yang memiliki kapasitas hingga 3 juta Teus.

Pelabuhan Kijing akan memiliki dermaga dengan kedalaman 14 m LWS sehingga mampu melayani kapal besar, yang mengangkut hasil bumi seperti, CPO, bauksit, dan lain-lain.

“Saya harapkan Pelindo 2 segera mencari kontraktor dan segera menyelesaikan urusan admininstrasi agar bisa segera mulai dibangun,” ujar Menhub.

Saat ini Pelindo II akan mencari kontraktor melalui sinergi BUMN, dan akan mempertimbangkan lebih lanjut untuk membuka peluang kerjasama dengan perusahaan swasta.

Menhub Budi Karya bersama dengan jajarannya melakukan tinjauan ke Pantai Kijing, lokasi yang akan dibangun Pelabuhan Kijing, seusai meninjau Pelabuhan Sintete di Sambas. Dari Pelabuhan Sintete ke Pelabuhan Kijing memakan waktu selama kurang lebih 2 jam dengan berkendara mobil.

Nantinya dengan selesainya pembangunan Pelabuhan Internasional Kijing maka diharapkan biaya logistik ekonomi di Kalbar dapat turun.

Yohan/Journalist/BD
Editor : Lenny Ambarita
Image : BD

3 comments

  1. I don’t even know how I ended up here, but I thought
    this post was good. I don’t know who you are
    but definitely you’re going to a famous blogger
    if you aren’t already šŸ˜‰ Cheers!

  2. Yes! Finally something about csgo skins free 2017.

  3. Great article, just what I needed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*