pantai karampuang

Menyongsong Masa Depan Kabupaten Mamuju

Mamuju, kabupaten yang terletak di Sulawesi Barat saat ini sedang dikunjungi oleh jurnalis beritadaerah.co.id, kabupaten ini dari pengamatan yang ada belum banyak berubah sejak sepuluh tahun yang lalu waktu kami berkunjung. Pembangunan yang dilakukan masih belum nampak signifikan dan kondisi infrastrukturnya masih minim membutuhkan pengembangan selanjutnya.

Mamuju terkenal sebagai daerah penghasil coklat, didaerah seperti Kalumpang penduduknya memiliki perkebunan coklat dan terdapat pertambangan emas. Tanam-tanaman sebagai dasar pembuatan minyak wangi banyak terdapat di Kecamatan Bonehau, dengan penyulingan sederhana. Pelabuhan lelang di Mamuju masih belum berfungsi sebagai pasar untuk perdagangan ikan, sebatas untuk transportasi penduduk demikian kondisi pelabuhan lelang pada saat ini.

Wisata Mamuju

Mamaju memiliki beberapa potensi pariwisata seperti keindahan pulau Karampuang yang berpasir putih dan memiliki pemandangan bawah lautnya masih alami. Wisata bahari Mamuju dilengkapi juga dengan keindahan pantai Toangsang yang sangat menarik, pada saat matahari terbenam (sunset) hamparan pasir putihnya berubah menjadi kuning keemasan.

Lokasi wisata Gunung Paken menjadi tempat tujuan wisata keluarga adalah paduan gugusan pulau-pulau yang menawan dengan pemandangan lautnya memang menyenangkan. Jangan lupa berkunjung ke air terjun Tamasapi, ditengah udara pegunungan yang sejuk, meluncur air yang jernih dan alami dari ketinggian kurang lebih 70 meter.

Mamuju memiliki beberapa bangunan yang bersejarah untuk wisata religi ataupun wisata sejarah, obyek wisata Pureh merupakan bangunan bersejarah peninggalan umat Hindu yang masih dipergunakan untuk ibadah hingga saat ini. Mamuju juga membangun monumen Ahmad Kirang, putra daerah yang gugur pada saat usaha membebaskan pembajakan pesawat Garuda Indonesia di Kolombo.

Rumah adat Mamuju menjadi obyek wisata yang menarik dengan bangunan Salassa (rumah Raja) yang khas sebagai rumah utama dilengkapi dengan bangunan untuk pegawai raja, pengawalnya, lumbung dan kandang hewan. Rumah khas daerah Mamuju memiliki bentuk yang unik dan berbeda dengan rumah yang lain, merupakan kekayaan yang menarik bagi wisatawan.

Infrastruktur

Mamuju membutuhkan pembangunan infrastruktur untuk pengembangan kedepannya, kekayaan alamnya yang besar, seperti komoditi coklat merupakan potensi masuknya perusahaan-perusahaan internasional ke Mamuju. Pertimbangan efisiensi seharusnya mendekatkan industri hilir ke sumber bahan mentah, atau dengan kata lain Mamuju membutuhkan pabrik pengolahan coklat atau minyak wangi untuk memberikan nilai tambah dan meningkatkan devisa negara. Kondisi ini tentulah membutuhkan kesiapan daerah dalam hal pembangunan sumber daya listrik, air, sarana jalan, sistem transportasi yang memungkinkan mengubah Mamuju sebagai daerah andalan untuk berbagai industri.

Kebutuhan pendukung untuk jalannya ekonomi Mamuju juga perlu dipersiapkan, seperti masuknya bank-bank besar, sarana pendidikan, akses yang diperluas, dan lainnya merupakan kebutuhan Mamuju. Semoga dalam kunjungan beritadaerah.co.id sepuluh tahun kedua nanti Mamuju telah menjadi daerah yang maju.

Fadjar 2

Penulis Fadjar Ari Dewanto adalah Executive Director Lepmida (Lembaga Pengembangan Manajemen dan Investasi Daerah)

4 comments

  1. When I initially commented I appear to have clicked the -Notify me when new comments are added- checkbox
    and now every time a comment is added I receive four emails with the same comment.
    Is there a means you are able to remove me from that service?
    Thank you!

  2. I simply could not leave your site prior to suggesting that I
    extremely loved the usual information an individual provide to your
    guests? Is going to be back incessantly to investigate
    cross-check new posts

  3. Hi there every one, here every person is sharing such familiarity, therefore it’s pleasant to read this webpage,
    and I used to pay a visit this web site every day.

  4. Hey I am so grateful I found your website, I really found you by accident, while
    I was browsing on Yahoo for something else, Anyhow I am here now
    and would just like to say thank you for a marvelous post and a
    all round thrilling blog (I also love the theme/design), I don’t have time to go through it all at the moment but I
    have bookmarked it and also included your RSS feeds, so when I have time
    I will be back to read a great deal more, Please
    do keep up the excellent job.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*