25 CEO Perusahaan Perancis Kunjungi BKPM

(Berita Daerah – Jakarta) Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menerima sebanyak 25 Chief Executive Officer (CEO) dari perusahaan Perancis yang berkunjung ke Kantor BKPM, Jakarta, Rabu (29/3). Kunjungan 25 CEO perusahaan papan atas Perancis tersebut merupakan bagian dari kunjungan Presiden Perancis Francois Hollande yang siang harinya bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta. Perusahaan-perusahaan asal Perancis tersebut menyampaikan apreasiasinya terhadap iklim investasi serta beberapa concerns terutama terkait stabilitas regulasi dan pentingnya kebijakan perdagangan dan investasi yang saling mendukung.

Deputi Bidang Perencanaan Penanaman Modal BKPM Tamba Hutapea menyampaikan delegasi investasi dari Perancis tersebut merespons positif berbagai upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah. “Ada tiga perusahaan yang secara khusus mengemukakan mengenai pentingnya stabilitas regulasi yang ada di Indonesia,” ujarnya Tamba yang mewakili Kepala BKPM dalam siaran persnya kepada Beritadaerah.co.id, Rabu (29/3).

Menurut Tamba, Perancis merupakan salah satu negara Eropa yang menyumbang investasi ke Indonesia. Dalam lima tahun terakhir (periode 2012-2016) investasi dari Perancis mencapai USD 701,5 juta atau berada di peringkat 16 dari 133 negara. “Lima sektor utama investasi Perancis adalah industri makanan 18%, logam dasar 15%, elektronik 15%, listrik gas dan air 15%, industri non logam 14% dan pertambangan 10%,” paparnya.

Sedangkan untuk lokasi, mayoritas investasi Perancis berada di Jawa 65%, sementara lainnya di Sumatera 12%, Maluku 10%, Bali dan Nusa Tenggara 9% dan Kalimantan 4%. Pemerintah melakukan berbagai langkah konkret untuk memperbaiki iklim investasi di Indonesia. Salah satu indikatornya adalah kenaikan peringkat dalam Ease of Doing Business dari posisi 106 menjadi 91 atau naik 15 peringkat. Selain itu, beberapa terobosan kebijakan seperti layanan izin investasi 3 jam, serta berbagai paket kebijakan ekonomi yang dikeluarkan dengan semangat deregulasi.

Sebelumnya, pada tanggal 17 Maret 2017, Kepala BKPM juga menyelenggarakan kegiatan kunjungan kerja promosi investasi di Paris, Perancis. Pada kunjungan tersebut, Kepala BKPM melakukan pertemuan dengan Mouvement des entreprises de France (MEDEF), dan berpartisipasi pada Economic Cooperation and Development (OECD) Informal Reflection Group on Indonesia.

Yohan/Journalist/BD
Editor : Lenny Ambarita
Image : Bkpm

3 comments

  1. Desert Safari Dubai, Dubai Picture: Desert Safari , Khat Tourism Dubai – Check out TripAdvisor members’ 50930 candid photos and videos.

  2. You produced some decent points there. I looked online for the problem and identified most individuals will go together with with your site.

  3. Thank you so much for the marvelous posting! I actually liked learning about.I’ll be sure to take note of your page and definitely will come back very soon. I wish to encourage you to ultimately keep on with your nice work, possibly comment on Arvind Pandit Kansas also, have a great morning!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*