Jadikan Rempang dan Galang Sebagai KEK Lainnya

Kepri : Rempang dan Galang akan Menjadi Kawasan Ekonomi Khusus

(Berita Daerah – Sumatera) Presiden Joko Widodo Rapat Terbatas (Ratas) mengelar rapat terbatas di Jakarta, untuk membicarakan rencana pengembangan pulau di Kepulauan Riau (Kepri).  Presiden Jokowi menyarankan agar Kepri memfokuskan pada pengembangan  gugus pulau besar seperti  Anambas, Natuna, Lingga, Karimun, Bintan, Batam dan Tanjungpinang. Dalam rapat tersebut dibahas mengenai dua topik yaitu mengenai Evaluasi Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional dan Program Prioritas di Provinsi Kepulauan Riau. Yang kedua tentang Percepatan Pembangunan Batam.

Mengutip dari laman Kepriprov.go.id,  Kamis (30/3), Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa Kepri harus lebih fokus lagi, sehingga perekonomian mengalami peningkatan serta lapangan kerja akan lebih banyak terbuka. Mereka yang hadir dalam rapat tersebut yakni adalah Gubernur Kepri, Kepala Bappeda, Walikota Batam, Kepala BP Batam, serta rombongan dari 18 kementerian serta instansi terkait lainnya.

Presiden Jokowi mengatakan soal konsentrasi pengembangan gugus pulau, yaitu seperti Kepulauan Natuna yang dapat difokuskan pada sentra industri kelautan dan perikanan serta migas. Contoh lainnya, seperti gugus pulau lain yaitu Karimun yang bisa dikembangkan menjadi sentra industri manufaktur.

Ekonomi Kepri tahun 2016 telah tumbuh 5,03 persen, kenaikan itu berasal dari sektor industri pengolahan, pertambangan, konstruksi dan perdagangan. Sektor industri pengolahan bukan saja berperan sebagai mesin penggerak ekonomi daerah tetapi juga mampu menyerap banyak tenaga kerja.

Walaupun sementara ini, persentase pengangguran terbuka di Kepri masih cukup tinggi yakni sebesar 7,69 persen. Karena itu, menurut Presiden, di lapangan antara Gubernur, Walikota dan juga BP Batam harus satu, harus terintegrasi, sehingga kecepatan pelayanan kepada investasi kepada investor benar-benar bisa dilakukan. Hal ini perlu dikelola, dimanage lebih profesional lagi sehingga betul-betul apa yang diharapkan Batam menjadi sebuah kawasan ekonomi yang benar-benar bisa dikembangkan, terutama untuk sentra-sentra industri.  Sehingga Batam semakin mampu bersaing.

Presiden Jokowi merespon cukup bagus program yang ditawarkan Kepri yakni program yang menjadikan Bintan dan Karimun sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), adalah Rempang dan Galang juga sebagai KEK. Bahkan Jokowi meminta KEK yang ditawarkan agar cepat direalisasikan. Walaupun bicara skema untuk Batam Rempang Galang, kata Nurdin, pihaknya juga minta kejelasan soal wewenang antara Pemkot Batam  dan BP Batam. Kalau segera diselesaikan, kata Nurdin, tampak kepastian hukum yang semakin jelas. Hal ini pasti meyakinkan kembali investor.

Lea/Journalist/BD
Editor : Lenny Ambarita
Image : Kepriprov

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*