mamuju1

Pesona Wisata Pulau Karampuang di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat

Pulau Karampuang yang merupakan sebuah pulau yang berjarak 3 kilometer dari Kota Mamuju, Sulawesi Barat. Pulau tersebut berada di Kecamatan Simboro Kepulauan. Untuk mencapai pulau tersebut kita menggunakan perahu motor yang mudah ditemukan di area tempat pelelangan ikan (TPI) Kasawi.

mamuju 23

Waktu yang diperlukan untuk menuju Pulau Karampuang yaitu sekitar 20 menit dengan biaya sewa perahu motor berkisar Rp 15 ribu sampai 20 ribu pulang pergi.

mamuju 24

Pulau Karampuang yang memiliki keindahan bawah laut yang berupa terumbu karang dan biota laut yang mengagumkan telah menjadi salah satu objek wisata di Kota Mamuju. Air laut di pulau ini sangat bersih dan jernih. Di kawasan Pulau Karampuang terdapat sebuah dermaga kayu sepanjang 500 meter dan dibangun dari garis pantai yang menjorok ke laut. Dari atas dermaga terlihat pemandangan karang dan ikan bawah laut.

mamuju 22

Karampuang sendiri berasal dari bahasa Mamuju kalau diartikan dalam bahasa Indonesia artinya rembulan atau bulan purnama. Pulau Karampung memiliki luas sekitar 6,21 km persegi, atau sekitar 3,88 % dari luas Kabupaten Mamuju. Pulau Karampuang merupakan lahan hutan kota Mamuju.

mamuju 25

Fasilitas seperti penginapan pondokan yang terbuat dari anyaman bambu dan pohon pinang sebagai tiangnya dapat disewa oleh wisatawan, hal ini menambah keasrian dari Pulau Karampuang.

Yohan/Journalist/BD
Editor : Lenny Ambarita
Image  : Ruth/BD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*